web analytics
  

5 Penyanyi yang Dituding Jiplak Lagu Artis Luar Negeri

Senin, 26 Oktober 2020 07:54 WIB
Umum - Artis, 5 Penyanyi yang Dituding Jiplak Lagu Artis Luar Negeri, Artis Indonesia yang dituduh menjiplak,Via Vallen

Adegan video klip Via Vallen dan IU yang dianggap mirip. (istimewa)

AYOBANDUNG.COM -- Nama pedangdut asal Jawa Timur, Via Vallen, mencuri perhatian publik usai mengunggah video klip single lagu terbarunya berjudul 'Kasih Dengarkanlah Aku' di Youtube pada Sabtu, (24/10/2020)

Ternyata video musik terbaru Via Vallen dituding menjiplak konsep video penyanyi Korea Selatan Lee Ji-eun atau IU. Via Vallen pun akhirnya menuliskan permohonan maafnya melalui IG Story dan menyebut akan men-take down video tersebut.

Via Vallen bukanlah penyanyi Indonesia pertama yang dituding menjiplak artis luar negeri. Setidaknya ada lima penyanyi hingga band Indonesia yang juga dituduh menjiplak karya artis internasional lainnya. Berikut informasi selengkapnya.

1. Armada

Saat mengeluarkan album pada tahun 2017, salah satu single terbaru band Armada berjudul 'Asal Kau Bahagia' dituding menjiplak soundtrack film Meteor Garden berjudul 'Liu Xing Yu'.

Bahkan lagu tersebut telah ditonton hingga 100 juta kali di akun Youtube Armada. Meski begitu, Armada membantah bahwa lagunya telah menjiplak lagu F4 tersebut.

2. Aura Kasih

Penyanyi yang populer setelah menyanyikan lagu 'Mari Bercinta' di tahun 2008 ini juga sempat menghebohkan publik dengan tudingan bahwa lagunya menjiplak lagu penyanyi luar negeri Sean Paul berjudul 'Give It To You'.

Banyak netizen yang menyebut bahwa ada beberapa bagian dari lagu 'Mari Bercinta' milik Aura Kasih dengan Sean Paul. Meski begitu, Aura Kasih membantah bahwa lagunya menjiplak karya orang lain.

3. Zaskia Gotik

Pedangdut yang terkenal dengan goyang itik ini juga sempat menuai kontroversi di tahun 2014. Saat itu, lagunya yang bertajuk 'Sisa Semalam' dituduh menjiplak lagu 'Bad Romance' yang dinyanyikan oleh Lady Gaga. Banyak masyarakat menilai bahwa intro hingga reff lagu memiliki kemiripan.

4. Angkasa Band

Di tahun 2008, band Angkasa merilis single berjudul 'Jangan Pernah Selingkuh' yang langsung booming di pasaran. Meski begitu, banyak netizen menilai bahwa lagu band Angkasa tersebut mirip dengan lagu yang dipopulerkan oleh Starsailor berjudul 'Poor Misguided Fool'.

5. Cherrybelle

Girl band Tanah Air yang sempat booming di tahun 2010 ini memang lekat dengan tudingan menjiplak grup band K-pop SNSD. Banyak fans SNSD di Indonesia menyebut bahwa Cherrybelle menjiplak hampir semua hal yang dilakukan SNSD. Mulai dari jumlah anggotanya, cara berpakaiannya, hingga konsep lagu yang dinyanyikan.

Beberapa lagu yang dibawakan Cherrybelle berjudul 'Beautiful' dan 'Best Friend Forever' pun juga dianggap sangat mirip dengan lagu SNSD bertajuk 'My Child' dan 'Kissing You'. Namun, kepopuleran Cherrybelle meredup dan kini girlband tersebut telah dibubarkan.

Nah, itulah daftar penyanyi dituding jiplak lagu artis luar negeri, selain Via Vallen.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers