web analytics
  

Ini 5 Bahaya Makan Telur Berlebihan, Bisa Picu Diabetes?

Senin, 26 Oktober 2020 07:39 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Ini 5 Bahaya Makan Telur Berlebihan, Bisa Picu Diabetes?, telur,Manfaat Telur,bahaya telur,Diabetes,penyebab diabetes

Jika dikonsumsi berlebih, telur tidak baik bagi kesehatan, salah satunya memicu diabetes. (Pixabay/RitaE)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Telur memiliki gizi yang cukup lengkap bagi kesehatan. Selain mengandung banyak protein, telur memiliki karbohidrat dan 8 macam asam amino yang berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Telur juga merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Telur, misalnya telur ayam, bisa diolah dengan cara direbus, dadar, dan mata sapi. Namun, jika dikonsumsi berlebih, telur tidak baik bagi kesehatan, salah satunya memicu diabetes.

Berikut beberapa bahaya jika makan telur berlebihan.

1. Meningkatkan kolesterol

Satu butir telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol. Konsumsi 6 butir telur dalam seminggu adalah batas maksimal yang diperbolehkan. Namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan olahraga.

2. Memicu diabetes

Kandungan lemak dalam telur juga bisa memicu diabetes, terutama pada wanita. Menurut penelitian, makan telur ayam setiap hari membuat pria berisiko 55% mengalami diabetes tipe dua. Sementara itu, pada wanita, berisiko sekitar 77%, lebih besar dari pria.

3. Jerawat

Meski tidak langsung menyebabkan jerawat, telur dapat membuat jerawat pada sejumlah orang semakin memburuk. Pola makan yang tinggi daging dan produk daging termasuk telur, biasanya mengandung karbohidrat olahan dan makanan olahan yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

4. Ketidakseimbangan hormon

Pada telur nonorganik, unggas biasanya diberi suntik hormon. Hormon tersebut bisa mengganggu aktivitas hormonal dalam tubuh Anda. Konsumsi terlalu banyak telur membuat hormon jadi mudah naik turun. Apalagi pada wanita. Konsumsi protein hewani sebaiknya diatur dengan lebih banyak sayur dan buah untuk mengimbangi efek sampingnya.

5.  Kelebihan berat badan

Telur mengandung 75 kalori per butirnya. Jika Anda makan telur orak-arik untuk menu sarapan dari tiga telur, Anda sudah mendapatkan 225 kalori. Tingginya kalori dalam telur dapat membuat berat badan Anda semakin naik, demikian dilansir dari Hallosehat. (Aufa Fadil)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers