web analytics
  

Rutin Makan Alpukat dan Cokelat Hitam Ampuh Cegah Serangan Jantung?

Senin, 26 Oktober 2020 06:34 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Rutin Makan Alpukat dan Cokelat Hitam Ampuh Cegah Serangan Jantung?, Serangan Jantung,penyebab serangan jantung,cara mencegah penyakit jantung

[Ilustrasi] Barangkali, memang tidak ada yang ingin mengalami serangan jantung. Namun, setiap orang berpotensi mengalami penyakit jantung. Lantas, bagaimana cara mencegah serangan jantung? (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Barangkali, memang tidak ada yang ingin mengalami serangan jantung. Namun, setiap orang berpotensi mengalami penyakit jantung. Lantas, bagaimana cara mencegah serangan jantung?

Anda bisa memperkecil risiko serangan jantung dengan berolahraga rutin. Apalagi, saat pandemi corona, menjaga kesehatan dan imun tubuh sangat penting. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan, salah satunya rutin mengonsumsi alpukat dan cokelat hitam.

Ada beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Makanan-makanan ini mengandung protein yang sangat sehat bagi jantung.

Dilansir dari Healthline, berikut 5 makanan yang bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung, termasuk alpukat.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, misalnya bayam dan sawi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau tersebut juga mengandung vitamin K yang akan membantu melindungi arteri. Salah satu penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung hingga 16%

2. Buah beri

Stroberi, blueberi, blackberi, dan juga raspberi memiliki banyak nutrisi. Beri kaya dengan antioksidan seperti anthocyanin, yang menlindungi diri dari stres dan inflamasi yang bisa menjadi penyebab serangan jantung.

Salah satu studi juga menunjukan orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung stroberi selama 8 minggu menurunkan 11 % kolesterol jahat di tubuh.

3. Alpukat

Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh yang baik bagi jantung. Alpukat sudah lama dihubungkan ampuh menurunkan level kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam satu studi, alpukat menurunkan LDL kolesterol jahat yang dipercaya meningkatkan risiko terkena penyakit jantung secara signifikan.

4. Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoids, yang bisa membantu menyehatkan jantung. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat setidaknya 5 kali seminggu memiiki 57% kemungkinan lebih rendah terkena penyakit jantung kronis daripada yang tidak memakan cokelat.

5. Teh Hijau

Teh Hijau dikenal mampu membakar lemak hingga meningkatkan sensitivitas insulin. Teh hijau pun penuh dengan polyphenols dan catechins, yang bertindak seperti antioksidan dan mencegah kerusakan sel. Hal tersebut akan membantu jantung Anda tetap sehat. (Haidar Arrahman)

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers