web analytics
  

Warga Bumiwangi Ciparay Diminta Waspada Banjir Bandang Susulan

Minggu, 25 Oktober 2020 18:23 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Warga Bumiwangi Ciparay Diminta Waspada Banjir Bandang Susulan, Kecamatan Ciparay,Banjir Bandang,BPBD Kabupaten Bandung

Logo BPBD Kabupaten Bandung. (istimewa)

CIPARAY, AYOBANDUNG.COM -- Warga Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay Kabupaten bandung diminta mewaspadai banjir bandang susulan. Jika terjadi hujan lebat dengan waktu yang lama, warga diimbau mengugnsi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara mengatakan, pada sabtu (24/10/2020) sore, terjadi banjir bandang di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay.

"Iya kemarin terjadi banjir bandang dengan skala sedang di Bumiwangi. Kejadiannya kira-kira pukul 15.30 WIB diakibatkan oleh hujan deras cukup lama," tutur Akhmad, Minggu (25/10/2020).

Banjir bandang di Ciparay tersebut berasal dari bukit yang tidak mampu menampung debit hujan, sehingga air masuk ke saluran irigasi teknis dan meluber masuk ke perumahan warga.

"Akibatnya ada endapan lumpur setebal kira-kira 40 CM. Tadi pagi warga dengan aparat setempat dan petugas kami melakukan pembersihan lumpur. Sekarang lumpurnya sudah bersih. Tidak ada warga yang mengungsi," katanya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD pada Sabtu malam, terdapat 152 KK atau 462 jiwa yang terdampak banjir bandang tersebut.

"Kami imbau warga tetap waspada terhadap banjir bandang susulan. Apalagi kalau terjadi hujan lebat dengan waktu lama," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers