web analytics
  

Kena Imbas Gempa Pangandaran, Rumah Warga Kabupaten Tasik Rusak

Minggu, 25 Oktober 2020 11:43 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Kena Imbas Gempa Pangandaran, Rumah Warga Kabupaten Tasik Rusak, Berita Tasikmalaya,gempa Pangandaran,Berita Pangandaran,gempa Tasikmalaya,dampak gempa pangandaran

Wardi, warga Bojongsari, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya meratapi bangunan rumahnya yang mengalami rusak selepas gempa mengguncang laut Pangandaran, Minggu (25/10/2020) pagi. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Gempa yang terjadi pada Minggu (25/10/202) berkekuatan 5.9 magnitudo pukul  07:56:45 WIB yang berlokasi di laut Pangandaran kedalaman 10 km berdampak pada rusaknya bangunan warga di Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan penelusuran Taruna Tanggap Bencana (Tagana) di lapangan, setidaknya baru ada satu laporan kerusakan rumah warga. Informasi itu datang dari relawan Kampung Siaga Bencana (KSB),  Agus (33)  yang melaporkan rumah milik Wardi (50) warga Bojongsari RT/RW 02/11 Desa Bojongsari, Kecamatan Culamega, mengalami rusak.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya menuturkan, kerusakan yang dialami rumah Wardi yakni terjadinya retakan di beberapa titik rumah dan terkelupasnya dinding rumah.

"Informasi dari relawan KSB saudara Agus, ada kerusakan satu rumah. Ada retakan di beberapa titik rumah dan dindingnya terkelupas," ucap Jembar.

Jembar menambahkan, karena kahwatir terjadinya gempa susulan yang mengakibatkan kerusakan lebih parah dan berujung pada adanya korban jiwa, pihaknya dan relawan KSB meminta kepada penghuni rumah untuk sementara tidak menggunakan rumah.

"Karena kerusakannya cukup parah. Kami sarankan untuk dikosongkan terlebih dahulu," ujar Jembar.

Hingga saat ini, kata Jembar, relawan KSB sedang menyisir daerah lain khawatir adanya dampak lain dari gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers