web analytics
  

Curhat Warga Bekasi: Lagi Tidur Dibangunin Banjir

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01 WIB Firda Puri Agustine
Umum - Regional, Curhat Warga Bekasi: Lagi Tidur Dibangunin Banjir, banjir Bekasi,Berita Bekasi,Sungai Cileungsi,Sungai Cikeas,Ayobekasi.net

ilustrasi banjir. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Bekasi dilanda banjir kiriman dari hulu Sungai Cileungsi dan Cikeas, Bogor sejak Minggu (25/10/2020) dinihari.  

Banjir disebabkan luapan Sungai Cileungsi akibat hujan deras yang terjadi di Gunung Pancar sejak Sabtu (24/10/2020) malam. Tinggi Muka Air sempat naik hingga 600 cm dan berdampak pada status bahaya di Kali Bekasi.

Salah seorang warga Perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Handi mengatakan bahwa genangan air mulai muncul sejak subuh sekitar pukul 05.00 WIB. Dirinya sempat tidak menyadari banjir tersebut lantaran cuaca di Bekasi tidak sedang hujan. 

"Bekasi enggak hujan sama sekali, tahu-tahu dibangunin warga sini air mulai naik. Wah, ternyata kiriman Bogor," kata Handi kepada Ayobekasi.net. 

Hal senada diungkapkan Ratih yang tinggal di bantaran Kali Bekasi tepatnya di wilayah Teluk Angsan Lengkak, Bekasi Timur. Air mulai naik sekitar pukul 02.30 WIB dan menggenangi hingga selutut orang dewasa.  

"Kejadiannya sekitar jam setengah tiga pagi kita pada tidur tiba-tiba dibangunin dikasih tahu kalau mau ada kiriman (banjir) dari Bogor. Ya udah langsung beresin barang-barang," ujarnya. 

Meski demikian, Ratih merasa bersyukur lantaran hujan tidak turun sejak dini hari. Jika hal itu terjadi, maka banjir pada malam tahun baru pun bisa terulang. 

"Alhamdulillah-nya di sini enggak ada hujan. Jadi enggak makin parah," ujarnya. 

Pantauan Ayobekasi.net pukul 09.00 WIB, puluhan rumah di area tersebut masih terendam banjir setinggi 60 cm hingga 80 cm.  Warga pun terpaksa mengungsi hingga ke pinggir jalan raya. Sementara ketinggian air Kali Bekasi perlahan surut.  

Sumber: Ayobekasi.net
Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers