web analytics
  

Hulu Kali Bekasi Masih Aman 7 Jam ke Depan

Minggu, 25 Oktober 2020 06:29 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Umum - Regional, Hulu Kali Bekasi Masih Aman 7 Jam ke Depan, kali bekasi,banjir Bekasi,Berita Bekasi

Ilustrasi. (Ayobandung.com/Ananda Muhammad Firdaus)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah perumahan di Bekasi dilanda banjir dengan ketinggian rata-rata di atas 1 meter, Minggu (25/10/2020) dini hari.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) Puarman Kahar menerangkan, banjir terjadi akibat hulu Kali Bekasi, yakni Sungai Cileungsi dan Cikeas, debit airnya meninggi lantaran hujan di Kabupaten Bogor pada Sabtu (24/10/2020).

"Ya, rata-rata (banjir) di atas 1 meter, kecuali di Perumahan PGP," kata Puarman. 

Puarman menerangkan, akibat banjir tersebut sejumlah warga terpaksa harus mengungsi. Terutama di beberapa perumahan terdampak banjir dengan ketinggian air cukup parah. 

Menurutnya, untuk sementara hulu Kali Bekasi di keadaan normal lagi. Meskipun cuaca cenderung mendung hari ini, dia memprakirakan untuk tujuh jam ke depan Kali Bekasi masih aman.

"Walau (cuaca diprakirakan) hujan, lihat hulu patokannya. Untuk 7 jam ke depan mudah-mudahan masih aman," kata Puarman.

Sementara itu berdasarkan laporan BPBD setempat, dilansir Republika, beberapa perumahan yang terdampak banjir pada Minggu dini hari antara lain meliputi Villa Nusa Indah, Kemang Ifi, Pondok Mitra Lestari, Pondok Gede Permai, Vila Jatirasa, dan pemukiman lainnya yang berada di pinggir jalur sungai tersebut.

Tinggi air yang menggenang beberapa perumahan tersebut variatif antara 40 sentimeter hingga 190 sentimeter.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers