web analytics
  

5 Makanan Penurun Gula Darah yang Bantu Atasi Masalah Diabetes

Minggu, 25 Oktober 2020 05:44 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Penurun Gula Darah yang Bantu Atasi Masalah Diabetes, Diabetes,makanan penurun gula darah,Nasi Merah,Brokoli,kacang panjang,Biji chia,Seafood

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau ketika tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin dengan efektif (resistensi insulin).

Jika sudah terkena diabetes, kadar gula darah akan lebih sulit dijaga. Terutama bila pasien diabetes memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau makanan yang manis yang mengandung gula tinggi.

Agar penderita diabetes bisa tetap hidup sehat, maka kadar gula darah harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari dan mengonsumsi makanan penurun gula darah. Berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan diabetes, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Nasi Merah
Salah satu manfaat paling signifikan dari mengkonsumsi beras merah adalah untuk mengontrol glukosa darah. Beras putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada beras merah, yang berarti ia berubah menjadi glukosa lebih cepat, memasuki aliran darah, dan menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Brokoli
Brokoli merupakan makanan rendah kalori, rendah karbohidrat dengan nilai gizi tinggi. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa brokoli dapat menurunkan kadar insulin dan melindungi sel radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme.

3. Kacang Panjang
Penderita diabetes harus mengonsumsi kacang panjang. Kacang panjang membantu menekan kadar gula darah lebih baik daripada makanan bertepung lainnya.

4. Biji Chia
Biji chia atau chia seed merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes. Makanan ini sangat tinggi serat tapi rendah karbohidrat dan kalori.

Sekitar 28 gram biji chia mengandung 11 gram serat. Kandungan serat dalam biji chia efektif untuk mengurangi rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Di samping itu, makanan untuk diabetes ini juga dapat membantu menurunkan gula darah dengan memperlambat proses penyerapan nutrisi di dalam usus.

5. Seafood
Seafood, termasuk ikan dan kerang menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah pasca makan, serta meningkatkan perasaan kenyang. (Aufa Fadil)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers