web analytics
  

Mencermati Program Unggulan Paslon Cabup-Cawabup Pilkada Kabupaten Tasik

Sabtu, 24 Oktober 2020 16:27 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Mencermati Program Unggulan Paslon Cabup-Cawabup Pilkada Kabupaten Tasik, Pilkada Tasikmalaya,Pilkada Tasik

Pilkada 2020 (Ayobandung.com)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya yang akan digelar pada 9 Desember mendatang diikuti oleh 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati (Cawabup), yakni Pasangan Nomor urut 1 yakni Azis Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, Paslon nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin, Paslon urut 3 Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma dan Paslon nomor urut 4 yakni Iwan Saputra-Iip Miftahul Paoz.

Tentunya, untuk menarik simpati masyarakat, seluruh paslon cabup dan cawabup mempunyai program unggulan yang ditawarkan. Berikut Ayotasik.com paparkan beberapa program unggulan yang diusung oleh seluruh paslon cabup cawabup.

5 Program Prioritas

Pasangan nomor urut 1 yakni Azis Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya mengusung lima program prioritas, yakni yakni Ulama Berkharisma, Madrasah Berkharisma, Petani Berkharisma, Imah Berkharisma serta reformasi birokrasi. Program Ulama Berkarisma ini diantaranya yakni melibatkan ulama untuk berdiskusi dalam penentuan tata kelola pemerintah dan politik anggaran. Program petani berkharisma yakn dengan berupaya memberikan lahan kepada petani untuk dikelola, kemudahan mendapatkan subsidi pupuk dan perbaikan irigasi.

Program Imah Berkarisma dengan membangun solidaritas sosial dalam mengumpulkan CSR infak, sedekah dan rumah zakat bagi kebutuhan warga. Sementara program reformasi birokrasi. Dimana dalam program ini dengan merubah mental dan ajakan birokrasi benar-benar pada fungsinya sebagai pelayan masyaraka.

Sigesit-119 dan Kartu Santri

Paslon nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin menawarkan program unggulan di antaranya Sigesit-119 sebagai Layanan Cepat Tanggap Darurat Kesehatan, UPCPK sebagai Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan di seluruh kecamatan (Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Masalah Sosial), Pedekate yakni Mobil Keliling untuk Pelayanan Dokumen Kependudukan Terpadu. Pelakor yakni Pelayanan Administrasi Kependudukan Bermotor ke setiap pelosok perkampungan yang sulit diakses kendaraan roda empat;

Program lainnya yakni kartu sakti untuk Santri, perwira desa, Fasilitasi Permodalan Wira Usaha di Seluruh Pedesaan, Jum’at Gebu sebagai Gerakan Sodaqoh Dua Ribu untuk Fakir Miskin setiap Hari Jum’at. Matuh yakni Mobile Training Unit Harian, Sibadami atau Sistem Informasi Bantuan Dewan Mesjid Indonesia, Pagu Indikatif  Pembangunan Berbasis ke-RT-an melalui RT SIAGA, Bea Siswa Mahasiswa Miskin Berprestasi, Insentif RT/RW, Insentif Ajengan, Guru Ngaji & Marbot Mesjid, Insentif Guru dan Tenaga Kependidikan Non-PNS.

Program lainnya yakni Penguatan peran DKM sebagai pusat pemberdayaan umat, Pembentukan dan Pengembangan Induk Perusahaan Daerah, Pembangunan 4 (empat) Rumah Sakit Baru, Pengembangan Energi Terbarukan melalui pembangunan PLTB, Kartu Asuransi Petani dan Nelayan, Kartu Buruh Tani Sejahtera, Perizinan Bebas Pungli, Mal Pelayanan Publik, Zakat Profesi Pegawai Negeri Sipil/BUMD dan Tasik Caang Baranang

“Program lainnya yakni Pembentukan dan Pengembangan Bank /BPR Syariah. Pembentukan Dewan Ekonomi Syariah Kabupaten Tasikmalaya, Sertifikasi Gratis Tanah Wakaf dan insentif untuk tenaga kesehatan,“ ucap LO paslon nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul yakin, Aditia, Sabtu (24/10/2020).

5 Program Unggulan

Sementara untuk paslon urut 3 yang merupakan calon perseorangan yakni Cep Zamzam Dzulfikar Nur–Padil Karsoma menawarkan 5 program unggulan. Yakni program Cageur Bageur Masyarakat di mana di dalamnya terdapat pembangunan rumah sakit di empat wilayah, mendirikan balai kesehatan yang mengjangkau desa terpencul berbasis pesantren, beasiswa santri berprestasi yang tidak mampu, tunjangan guru honorer dan tenaga sukarelawan dan biaya hidup serta sekolah gratis bagi yatim dan piatu.

Program kedua yakni Endah Wilayah dimana diterapkan dengan pembangunan dan oprimalisasi potensi pariwisata, pembentukan ikon wilayah, pembangunan infrasturktur, pemerataan penerangan saran umum dan jalan di seluruh desa, pengadaaan alat berat d setiap kecamatan, dan pengelolaan sampah.

Program ketiga yakni Kapeunteun Agamana yakni pemerataan saran dan prasarana pesantren dan madrasah, beasiswa siswa dan guru masuk pesantren, evaluasi tiap empat bulan dengan para ulama dan pemerintahan dan tunjangan guru serta ajengan kampong.

Program selanjutnya yakni Amanah Pamarentahana yakni pelayanan administrasi kemasyaraatan dan perizinan cepat dan anti pungli, askes informasi berbasis online, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bebas korupsi dan 2,5 persen PAD untuk anak yatim berbasis pesantren.

Program terkahir yakni Sejahtera Kahirupana yakni mendirikan industri besar dan rumaan dengan poensi unggulan daerah disetiap kecamatan, kredit murah dan berantas rentenir, bantuan langsung untuk fakir miskin dan jompo, pembagian sembako tiap bulan untuk masyarakat miskin, pembukaan lapangan kerja, pelatihan kewirausahaan berbasis pesantren.

“Program lain berupa pemerataan dan optimalisasi listrik, penyediaan sumber air bagi masyarakat berbasis pesantren, pasar dadakan kebutuhan pokok di desa terpencil dan bantuan kemandirian ekonomi pesantren dan lembaaga keagamaan lainnya, “ ucap Cep Zamzam.

Kartu Unggulan

Sementara untuk paslon nomor 4 yakni Iwan Saputra – Iip Miftahul Paoz, menawarkan pembagian kartu unggulan untuk masyarakat Tasikmalaya yakni, Kartu tani & kartu nelayan, Kartu wirausaha, Kartu guru ngaji, dan Kartu mulia (untuk fakir miskin & yatim piatu).

“Program pembagian kartu tersebut merupakan bentuk perwujudan garis perjuangan yang lurus serta komitmen PKB dalam upaya pemenangan paslon Iwan-Iip” ucap salah satu tim Sukses Iwan-Iip, Nana Sumarna.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers