web analytics
  

3 Komplikasi yang Perlu Diwaspadai Penderita Asam Urat 

Sabtu, 24 Oktober 2020 07:19 WIB Andres Fatubun
Gaya Hidup - Sehat, 3 Komplikasi yang Perlu Diwaspadai Penderita Asam Urat , asam urat,Info kesehatan,Penderita asam urat,meredakan asam urat,obat asam urat

Ilustrasi penderita asam urat. (cnick dari Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penderita penyakit asam urat harus mewaspadai komplikasi yang mungkin timbul dari penyakit ini, di antaranya:
- Munculnya benjolan keras (tofi). Tofi terbentuk akibat penumpukan kristal asam urat di bawah kulit, dan dapat muncul di beberapa area tubuh, seperti jari, tangan, siku, kaki, dan di sekitar mata kaki. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, tofi bisa membengkak dan mengeras saat serangan asam urat terjadi.
- Asam urat kambuh. Pada sejumlah kasus, serangan asam urat bisa terjadi beberapa kali dalam setahun. Bila dibiarkan tidak tertangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan pengeroposan dan kerusakan pada sendi.
- Penyakit batu ginjal. Kristal asam urat bisa menumpuk di saluran kemih, dan menyebabkan batu ginjal.

Untuk mencegah serangan asam urat kembali terjadi, pasien akan disarankan untuk menghindari makanan pemicu asam urat alias yang berkadar purin tinggi, dan mengurangi minuman tinggi gula serta minuman beralkohol. Pasien juga akan dianjurkan untuk memenuhi asupan protein dengan mengonsumsi susu rendah lemak, serta rutin berolahraga untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers