web analytics
  

Leeds United Hancurkan Aston Villa 3-0

Sabtu, 24 Oktober 2020 06:43 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Leeds United Hancurkan Aston Villa 3-0, Hasil Liga Inggris,Leeds United vs Aston Villa,Patrick Bamford

Penyerang Leeds United Patrick Bamford (kiri) mencetak gol ke gawang Aston Villa. (EPA-EFE/Laurence Griffiths)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Leeds United  tampil trengginas saat meruntuhkan mimpi Aston Villa naik ke puncak klasemen Liga Primer Inggris. Bintang Leeds, Patrick Bamford mencetak tiga gol dalam kemenangan Leeds 3-0 atas Villa di Villa Park, Sabtu (24/10) dini hari WIB.

Tambahan tiga poin membuat Leeds melompat naik ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 10 poin, tertinggal hanya dua angka di belakang Villa (12) yang tertahan di posisi kedua. Hasil ini sekaligus membuat tak ada lagi tim yang mencatatkan rekor 100 persen di Liga Primer dan hanya Everton yang belum tersentuh kekalahan.

Sejak sepak mula, Leeds tampil trengginas dan hampir memimpin. Namun sundulan Bamford melenceng dan sepakan Rodrigo Moreno masih bisa dihalau oleh Ezri Konsa yang pasang badan di muka gawang.

Villa berusaha keluar dari tekanan dan berpeluang mencuri keunggulan ketika Jack Grealish sudah melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi kiper Illan Meslier. Hanya, Luke Ayling melakukan sapuan penting sebelum bola melewati garis gawang.

Pada pengujung babak pertama, Leeds melancarkan serangan balik yang lagi-lagi mengancam gawang Villa, tetapi umpan matang Jack Harrison gagal diselesaikan Bamford dan skor nirgol bertahan hingga turun minum.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Villa yang butuh hanya hasil imbang untuk naik ke puncak kembali berpeluang memimpin, tetapi aksi individual Grealish bisa dihentikan oleh Meslier. Pada menit ke-54, Villa kembali menciptakan ancaman. Kali tembakan voli Konsa menyambut sepak pojok Ross Barkley kembali bisa diamankan oleh Meslier.

Semenit berselang, justru Leeds yang membuka keunggulan ketika mengakhiri sebuah serangan balik dengan sepakan Rodrigo. Bola tak mampu diantisipasi sempurna oleh kiper Emiliano Martinez dan disambar oleh Bamford untuk menjebol gawang Villa.

Bamford jadi pemain Leeds ketiga yang bisa mencetak gol di tiga laga tandang beruntun setelah Gordon Hodgson pada 1937/38 dan Tresor Kandol pada 2007/08.

Momentum gol itu terus dimanfaatkan Leeds untuk menggempur lini pertahanan Villa. Mateusz Klich mengirim umpan yang bisa dikendalikan oleh Bamford. Sang striker memperdaya dua bek tuan rumah sebelum melesakkan tembakan bagus ke pojok kanan atas untuk menggandakan keunggulan The Whites pada menit ke-67.

Tujuh menit kemudian, Bamford melengkapi raihan trigolnya dengan sebuah sepakan melengkung kendati dikerumuni empat pemain Villa untuk memperbesar keunggulan Leeds jadi 3-0.

Enam menit jelang bubaran, Leeds sebetulnya punya peluang untuk menambah marjin kemenangan mereka tetapi umpan silang Harrison tak diselesaikan sempurna oleh Pablo Hernandez.

Kendati demikian, Leeds meraih kemenangan tandang beruntun perdana mereka sejak Desember 2002 serta tim besutan Marcelo Bielsa itu naik melompati juara bertahan Liverpool ke peringkat ketiga klasemen untuk sementara.

Villa selanjutnya akan tampil lebih awal dalam rangkaian laga pekan ketujuh dengan menjamu Southampton pada Ahad (1/11), sedangkan Leeds baru tampil sehari berselang ketika menyambut kedatangan Leicester City di Elland Road.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; Douglas Luiz, John McGinn; Trezeguet (Bertrand Traore), Ross Barkley, Jack Grealish; Ollie Watkins

Pelatih: Dean Smith

Leeds United (4-1-4-1): Illan Meslier; Stuart Dallas, Luke Ayling, Robin Koch, Ezgjan Alioski; Pascal Struijk (Jamie Shackleton); Helder Costa (Raphinha), Mateusz Klich, Rodrigo Moreno (Pablo Hernandez), Jack Harrison; Patrick Bamford

Pelatih: Marcelo Bielsa

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers