web analytics
  

Cuaca Bandung Hari Ini, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Malam Hari 

Sabtu, 24 Oktober 2020 06:01 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung,  Cuaca Bandung Hari Ini, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Malam Hari , Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,Hujan lebat,Potensi Hujan Lebat,Petir

Potensi hujan lebat disertai petir.. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cuaca di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya pada Sabtu (24/10/2020) diprakirakan akan cerah berawan di pagi hari, disusul hujan petir pada siang hari dan hujan lebat pada malam hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca Bandung dan sekitarnya akan cerah berawan pada pagi hari. Suhunya mencapai 19-21 derajat Celcius, sementara kelembaban udaranya 65%-95%, dan kecepatan angin 10 km per jam ke arah timur.

Pada siang hari, sekitar pukul 13.00 WIB, Bandung dan sekitarnya akan diguyur hujan disertai petir intensitas sedang sampai sore. Suhu udara berkisar 24 derajat Celcius, kelembaban udara 60%, dan kecepatan angin 10 km per jam ke arah Timur.

Di malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, di Bandung akan turun hujan lebat. Suhu udara tercatat mencapai 21 derajat Celcius, kelembaban udara 95%, dan kecepatan angin 10 km per jam ke arah timur.

Peringatan La Nina 
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, meminta warga untuk lebih waspada terhadap bencana hidrometeorologi. Pasalnya, wilayah Indonesia akan mengalami fenomena La Nina yang dapat menimbulkan curah hujan di atas rata-rata.

Ia mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG, kondisi ini akan berlangsung hingga Maret 2021. Adapun La Nina merupakan anomali sistem iklim global yang terjadi dengan periode ulang berkisar antara 2-7 tahun di Samudra Pasifik dan berlangsung selama 2 bulan.

Yana menyebutkan, Pemerintah Kota Bandung sudah melakukan sejumlah upaya antisipasi bencana. Di antaranya pembangunan berbagai infrastuktur pengendali banjir seperti kolam retensi, sumur resapan, drumpori, dan lainnya.

Yana juga mengingatkan, dengan karakter Kota Bandung yang merupakan cekungan akan sangat terdampak dengan kondisi curah hujan yang terjadi di wilayah hulu. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat senantiasa waspada terhadap potensi kebencanaan di wilayah masing-masing.

 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers