web analytics
  

Lakukan Hal Ini agar Ginjal Anda Tetap Sehat

Jumat, 23 Oktober 2020 19:58 WIB Administrator
Gaya Hidup - Sehat, Lakukan Hal Ini agar Ginjal Anda Tetap Sehat, ginjal,kesehatan ginjal

ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang yang berada di area punggung bagian bawah. Saat ginjal mengalami gangguan, beragam komplikasi mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia, serta gangguan elektrolit, bisa terjadi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan melakukan pencegahan penyakit ginjal sejak dini.

Dilansir viva health, salah satu cara mencegah penyakit ginjal adalah menjaga organ ini tetap sehat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat ginjal tetap sehat.

1. Pola makanan sehat

Menjalani pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan penyebab penyakit ginjal berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Namun, kedua masalah kesehatan tersebut bisa dihindari asalkan Anda menjaga pola makan.

2. Mengurangi konsumsi garam

Membatasi penggunaan garam menjadi 2,3 gram per hari. Periksa label komposisi makanan untuk melihat kadar garam pada makanan.

3. Mengkonsumsi air putih ketika haus

Menjadikan air putih sebagai minuman prioritas ketika haus. Air putih memiliki banyak manfaat dan tidak mengandung kalori. Air putih jelas lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman manis dalam kemasan.

4. Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Pada umumnya tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal.

5. Berolahraga

Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat memberikan dampak baik seperti meningkatkan kekuatan, stamina, dan energi. Mulailah olahraga dengan perlahan dan secara bertahap agar tubuh tidak mengalami kelelahan.

6. Melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin

Melakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin bertujuan untuk dapat mendeteksi menurunnya fungsi ginjal lebih cepat, sehingga terapi pengobatan secara medis atau dengan perubahan gaya hidup dapat segera dilakukan. (Aufa Fadil)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers