web analytics
  

Awas, 600 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta Saat Libur Panjang

Jumat, 23 Oktober 2020 18:17 WIB
Umum - Nasional, Awas, 600 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta Saat Libur Panjang, Libur panjang Maulud Nabi,Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi

Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

AYOBANDUNG.COM -- Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, dalam liburan panjang tanggal merah Maulud Nabi tanggal 29 Oktober nanti diperkirakan sebanyak 622.039 kendaraan keluar dari Jakarta. Kemenhub memprediksi masyarakat lebih banyak menggunakan jalur darat saat berpergian ke luar kota.

"Itu jumlahnya naik 21,77 persen dibandingkan lalu lintas normal," ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Menurut Budi, masyarakat juga akan lebih banyak melewati jalan tol saat perjalanan liburannya. Dia menyebut 21 persen dari total kendaraan akan menggunakan jalan tol.

Ia melanjutkan, masyarakat yang menggunakan jalan tol mayoritas akan menuju ke arah Jawa Timur atau sebanyak 48,1 persen.

"Kemudian Barat 28 persen, sisanya 23 persen ke Selatan melalui Bogor jalan tol Jagorawi bogor jalan tol sukabumi, Cipatat sampai dengan Bandung," ucap dia.

Budi mengatakan pihaknya bersama Kepolisian sudah menyiapkan skenario untuk pengaturan lalu lintas pada saat liburan tersebut. Di antaranya, sebut Budi, pihaknya akan menyiapkan skema contra flow jika terjadi kemacetan.

"Kalau one way kita lihat dulu, tapi kalau contra flow pasti kita lakukan," jelas dia.

Dalam liburan panjang ini, Budi juga mengingatkan para berkendara untuk mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, jika tak patuh maka pihaknya akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kalau ada masyarakat tidak patuhi aturan sudah protokol kesehatan pasti akan ditegur dan treatment pencegahan covid-19 yang masih dilakukan," pungkas dia.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers