web analytics
  

Dua Bulan Terakhir, Kota Tasik Sudah Dilanda Puluhan Bencana

Jumat, 23 Oktober 2020 14:23 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Dua Bulan Terakhir, Kota Tasik Sudah Dilanda Puluhan Bencana, Berita Tasikmalaya,bencana Tasikmalaya,Longsor Tasikmalaya,Pohon Tumbang Tasikmalaya,BPBD Kota Tasikmalaya

ilustrasi bencana alam. (Ayobandung.com/M Ikhsan)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan, dalam 2 bulan terakhir sudah terjadi puluhan kejadian bencana di wilayah Kota Tasikmalaya yang didominasi pohon tumbang dan longsor.

Di samping itu, saat ini wilayah Kota Tasikmalaya sudah memasuki musim hujan yang dibarengi dengan fenomena La Nina sehingga intensitas hujan diperkirakan akan lebih tinggi. Terkait bencana, sejauh ini tidak ada korban jiwa pada setiap perisitwanya.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Ucu, Jumat, (23/10/2020).

Ucu menambah, pihaknya telah melakukan pemangkasan pohon yang dikhawatirkan tumbang dan menimpa rumah warga maupun yang ada di pinggir jalan.

"Pemangkasan pohon yang kami lakukan berdasarkan permintaan warga dan memang sebetulnya bukan tupoksi BPBD," ujar Ucu.

Kendati demikian, pihaknya tidak tinggal diam bilamana dari hasil pemetaan ada pohon yang bisa membahayakan dan berpotensi tumbang, pihaknya akan melakukan pemangkasan. "Ya kalau itu membahayakan kami pangkas," ujarnya.

Menurutnya, di Kota Tasikmalaya wilayah yang memiliki potensi rawan bencana longsor adalah Kecamatan Tamansari, Kawalu, Cibeureum, dan Purbaratu. Sedangkan di perkotaan seperti Tawang dan Cihideung berpotensi terjadi genangan air.

"Saya minta warga untuk tetap waspada akan potensi bencana, karena intensitas hujan masih tinggi dalam beberapa pekan ke depan," pungkasnya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers