web analytics
  

Cara Lakukan Video Call di Whatsapp Web

Jumat, 23 Oktober 2020 05:51 WIB
Bisnis - Gadget, Cara Lakukan Video Call di Whatsapp Web, fitur baru Whatsapp,video call whatsapp,WhatsApp Web,video call di Whatsapp Web

Whatsapp. (Pixabay/Alfredo Rivera)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Panggilan video atau video call menjadi kebutuhan tersendiri di masa pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan tatap muka yang mengundang banyak orang memang sangat tidak dianjurkan.

Namun, dengan adanya fitur video call, kegiatan belajar mengajar, rapat, serta hal serupa lainnya tetap dapat dilakukan.

Para perusahaan yang menyediakan jasa dan layanan digital berlomba-lomba memberikan fitur dan akses terbaik untuk seluruh masyarakat. Perkembangan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

Whatsapp, sebagai salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia juga tidak ingin ketinggalan. Aplikasi yang terkenal dengan fitur pesan dan telepon berbasis internet ini terus mengembangkan fitur yang sedang marak digunakan sebagian besar masyarakat, yaitu video call.

Awalnya, Whatsapp hanya memberikan kapasitas untuk empat orang dalam sebuah ruang video call. Hingga pada Juni lalu, Whatsapp mengabarkan kapasitasnya ditambah menjadi delapan orang. Sangat menarik, bukan?

Tidak hanya di smartphone saja, Whatsapp juga terus mengembangkan bentuk Web atau Desktop-nya. Whatsapp Web merupakan Whatsapp yang dapat diakses melalui browser, sedangkan Whatsapp Dekstop adalah Whatsapp yang diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh di laptop atau komputer.

Walaupun tidak memiliki fitur video call secara langsung, namun Whatsapp Web/Desktop tetap dapat melakukan video call via Messenger Rooms. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Video Call Whatsapp Web

Dilansir dari laman resmi Whatsapp, berikut ini adalah langkah video call di Whatsapp Web atau Desktop via Messenger Rooms:

1. Pertama, buka aplikasi Whatsapp di laptop/komputer, atau akses laman Whatsapp di web browser.
2. Lalu klik opsi Attach atau yang memiliki gambar atau ikon klip. Opsi Attach tersebut berada di deretan atas sebelah kanan.
3. Setelah klik opsi tersebut, kemudian pilih opsi Room atau yang memiliki gambar atau ikon kamera video. Opsi Room tersebut berada di urutan terakhir.
4. Setelah itu, maka akan ada tampilan yang muncul, dan silahkan klik Continue in Messenger.

Lalu Anda akan dipindahkan secara otomatis ke laman Forum Messenger. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi username dan sandi dari akun Facebook atau Messenger pribadi Anda.

Jika Anda belum memiliki akun Facebook atau Messenger, maka silakan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda sudah bisa membuat sebuah ruang video call melalui Messenger Rooms.

Anda juga dapat menyebarkan link video call tersebut dengan cara menyalin alamat link dan menyebarkannya melalui Whatsapp Chat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers