web analytics
  

Pertama di Indonesia, Lomba Teknologi Mahasiswa Digelar Daring

Kamis, 22 Oktober 2020 20:39 WIB Mildan Abdalloh
Gaya Hidup - Komunitas, Pertama di Indonesia, Lomba Teknologi Mahasiswa Digelar Daring, Gematik XIII,Telkom University

Gematik XIII (ist)


DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM -- Mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Gematik) digelar secara daring.

Perlombaan mahasiswa bidang TIK ini merupakan yang pertama di Indonesia dilakukan secara daring. Gematik tahun ini merupakan yang ke-13 kalinya digelar. Telkom University menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi bergengsi di Perguruan Tinggi tersebut.

Ketua pelaksana Gematik XIII Dida Diah Damajanti mengatakan, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan perlombaan bergengsi antar perguruan tinggi tersebut, namun dilakukan penyesuaian. Jika tahun sebelumnya dilakukan secara langsung, kali ini dilakukan secara daring, dengan pertimbangan banyaknya peserta yang mengikuti kompetisi.

"Ada 2.869 tim dari 175 perguruan tinggi di Indonesia dalam Gematik XIII," tutur Dida, dalam pembukaan di Telkom University, Kamis (22/10/2020).

Para peserta mengikuti 11 kategori lomba, yakni Divisi I: pemrograman (Programming), Divisi II: keamanan siber (Cyber Security), Divisi III: penambangan data (Data Mining), Divisi IV: desain pengalaman pengguna (UX Design), Divisi V: animasi (Animation), Divisi VI: kota cerdas (Smart City), Divisi VII: karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper), Divisi VIII: pengembangan perangkat lunak (Software Development), Divisi IX: piranti cerdas, sistem benam & iot (Smart Device, Embedded System & iot), Divisi X: pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Divisi XI: pengembangan bisnis tik (ICT Business Development).

Seluruh pertandingan dari masing-masing divisi dapat disaksikan live melalui youtube channel Telkom University, Gematik XIII dan Channel Youtube Pusat Prestasi Nasional.

"Seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 130 tim yang berasal dari 55 perguruan tinggi dan 47  perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 14 provinsi," paparnya.

Seluruh proses Gematik XIII ini telah berlangsung sejak Juli 2020, dan final akan berlangsung pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Rektor Telkom University Adiwijaya mengatakan, walaupun kompetisi tahun ini berbeda, semoga tidak menyurutkan semangat  peserta. "Kami berharap dari kompetisi ini, muncul ide-ide baru ide segar yang bisa membangkitkan kembali semangat diri kita,"katanya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers