web analytics
  

Lakukan Hal Ini untuk Bisa Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 22 Oktober 2020 16:21 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Lakukan Hal Ini untuk Bisa Mengontrol Tekanan Darah Tinggi, hipertensi,Darah Tinggi

[Ilustrasi] Tekanan darah tinggi atau hipertensi. (Pixabay)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan terkadang kematian.

Melansir berbagai sumber, Seperti diketahui, tekanan darah normal manusia berkisar pada 120/80 mmHg. Bagi mereka yang memiliki angka melebihi itu, bisa dikategorikan terkena tekanan darah tinggi. 

Walaupun penyakit ini tidak bisa disembukan namun pengidap hipertensi masih bisa aktif melakukan kegiatannya seperti biasa, selama masih bisa mengontrol tekanan darah dengan baik. Berikut ada beberapa cara sederhana namun terbukti ampuh untuk bisa  mengontrol tekanan darah. 

1. Menerapkan Pola Makan Sehat Rendah Garam

Hal utama yang perlu diperhatikan oleh pengidap tekanan darah tinggi adalah asupan makanan. Makanan asin atau yang mengandung kadar garam tinggi perlu benar-benar dijauhi. Sebab, asupan garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh, yang kemudian berimbas pada peningkatan tekanan darah. 

2. Rutin Berolahraga

Selain menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga juga penting dilakukan, agar tekanan darah tetap terkontrol. Tak hanya baik bagi pengidap tekanan darah tinggi, rutin berolahraga juga baik dilakukan untuk mengurangi risiko hipertensi pada orang yang belum mengidap penyakit ini. 

3. Kendalikan stres

Kerap dianggap sepele, padahal stres merupakan salah satu hal yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Sebab, stres dapat menjadi cikal bakal dari munculnya kebiasaan tidak sehat, seperti kalap saat makan, merokok, minum alkohol, dan begadang, yang kemudian menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Hal ini berlaku bagi yang memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol. Hal ini karena dua kebiasaan buruk itu dapat memicu berbagai penyakit kronis berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, dan kanker.

5. Rutin Cek Tekanan Darah

Selain berbagai upaya tadi, rutin cek tekanan darah juga penting untuk dilakukan. Dengan memantau tekanan darah secara rutin, kamu bisa segera melakukan tindakan pencegahan ketika tekanan darah terus-menerus lebih tinggi dari normalnya. (Aufa Fadil)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers