web analytics
  

12 Jajanan Enak Khas Bandung yang Wajib Dicicip

Kamis, 22 Oktober 2020 12:27 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, 12 Jajanan Enak Khas Bandung yang Wajib Dicicip, Jajanan khas Bandung,Makanan khas Bandung,Kuliner Bandung,Bandros Cowboy Cisangkuy,Bakso Ikan Xpress,Colenak Murdi Putra,Awug Cibeunying,Perkedel Bondon,Cuanki Serayu,Cilok Laswi Sari Rasa,Seblak Bunda,surabi Cihapit,Kue Balok Cihapit,Batagor Haji Isan,Ci

Bakso Ikan Xpress. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bandung memang dikenal sebagai pusatnya kuliner. Dari kuliner legendaris sampai kuliner kekinian, semua bisa ditemui di setiap sudut kota.

Main-main ke Bandung rasanya kurang pas jika gak menikmati kuliner khasnya. Tentunya sambil terus memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan melakukan jaga jarak.

Berikut Ayobandung.com rangkum kuliner-kuliner legendaris asli Bandung yang wajib banget dicoba.

1. Bandros Cowboy Cisangkuy

Bandros Cowboy Cisangkuy terletak di Jalan Cisangkuy, No.56. Bandros di sini terkenal karena telah dimodifikasi menjadi lebih kekinian.

Pembeli bisa memilih badros gurih yang original atau bandros manis. Bandros manis memiliki banyak pilihan topping, seperti keju, susu, dan beragam cokelat (toblerone, nutella, ovomaltine, chunckybar, meses, silverqueen, dan kitkat).

Harga satu boksnya Rp20.000 sampai Rp40.000. Bandros Cowboy Cisangkuy buka dari pukul 09.30 sampai 19.00 WIB.

 

2. Baso Ikan Xpress

Baso ikan yang berlokasi ini di Jalan Merdeka No.57 ini diklaim jadi baso ikan terenak se-Bandung. Biasanya pembeli menyebutnya dengan baso ikan BIP karena letaknya antara BIP dan Yogya Xpress.

Rasa baso ikannya gurih dan tidak bau amis sama sekali. Basonya disajikan dengan kuah hangat yang cocok dimakan hujan-hujan.

Bakso Ikan Xpress. (dok. Ayobandung.com)

Ada beberapa cabang yang dimiliki Baso Ikan Xpress, di antaranya di Jalan Kliningan No.D93 Buahbatu, Jalan Dipatiukur, Jalan Sangkuning Pasirkalili, dan Jalan Lengkong Besar No.121.

 

3. Colenak Murdi Putra

Colenak Murdi Putra merupakan colenak legendaris di Bandung. Lokasi kedainya ada di Jalan Jendral Ahmad Yani No.733,  Jalan Kembang Sepatu Kios Timur No.4, dan Jalan Raya Cibiru No.3.

Colenak merupakan camilan yang terbuat dari tape singkong. Tape yang dicampur gula merah dan parutan kelapa memunculkan rasa yang manis legit.

Colenak Murdi Putra. (Instagram/@colenakmurdi)

Selain rasa original, Colenak Murdi Putra juga menyediakan varian rasa lain seperti durian dan nangka. Colenak kemasannya juga bisa ditemui di banyak supermarket Bandung sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

 

4.  Awug Cibeunying

Awug Beras Asli Cibeunying terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 361, Kacapiring, Cibeunying Kidul. Resep awug di sini asli sejak 1975.

Awug merupakan kue yang berasal dari tepung beras, gula merah, kelapa, dan aroma daun pandan yang kemudian dikukus menggunakan aseupan yang berbentuk kerucut.

Awug Cibeunying. (Instagram/@awugcibeunying)

Kue tradisional awug memang memiliki rasa yang hampir sama dengan kue putu, namun yang berbeda ialah cetakan dan tekstur yang di hasilkan setelah dikukus. Tekstur awug terasa lebih lembut dibandingkan dengan kue putu yang memiliki terkstur lebih kasar.

 

5. Perkedel Bondon

Meski buka pukul 10.00 malam, perkedel yang sudah ada sejak 1980 ini selalu jadi primadona yang diburu banyak orang. Warungnya berlokasi di Jalan Stasiun Timur, No.14, Andir.

Yang membedakan Perkedel Bondon dengan yang lain adalah bentuknya yang bulat dan rasanya yang garing di luar tapi lembut di dalam. Biasanya perkedel yang dihargai Rp2.500 per buah ini disantap dengan sambal terasi.

Selain perkedel, warung ini juga menyediakan banyak menu masakan rumahan seperti gepuk dan ayam goreng.

 

6. Cuanki Serayu

Cuanki yang paling terkenal seantero Bandung mungkin adalah Cuanki Serayu. Kedainya berlokasi di Jalan Serayu No.2 dan cabangnya ada di Jalan Sumbawa No.30.

Cuanki Serayu. (Instagram/@cuankiserayuno.2)

Semangkuk cuanki hangat berisi siomay, tahu goreng, dan tahu putih yang disiram kuah gurih. Selain cuanki, di sini juga ada batagor yang rasanya sama-sama enak.

 

7. Cilok Laswi Sari Rasa

Cilok Laswi Sari Rasa bisa jadi merupakan cilok paling legendaris dan asli di Kota Bandung. Meski ciloknya dijajakan di gerobak sederhana, rasanya tak perlu diragukan.

Maraknya cilok-cilok kekinian tak membuat Cilok Laswi Sari Rasa tergerus zaman. Cilok yang murah meriah ini sudah memiliki penggemar setia.

Rasa ciloknya kenyal dengan isian daging di dalamnya. Cilok disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Di sini tidak ada cilok yang aneh-aneh, cukup satu rasa dan satu ukuran saja.

Kedai Cilok Laswi Sari Rasa terletak di Jalan Laswi No.51. Cilok ini bisa dinikmati mulai pukul 16.00 sampai malam.

 

8. Seblak Bunda

Seblak Bunda hadir di Jalan H. Kurdi II No.4, Karasak, Kecamatan Astanaanyar. Seblak ini punya bermacam varian kerupuk dan makaroni.

Seblak Bunda. (Instagram/@seblak_bunda)

Seblaknya pun bermacam-macam dan tentunya unik, seperti seblak tulang, tahu sumedang, kikil sapi, potato, batagor, jamur, mie golosor, spageti, sampai bihun.

Harganya cukup ramah di kantong karena semuanya di bawah Rp20.000.

 

9. Surabi Cihapit

Surabi Cihapit berada Jalan Cihapit, Bandung. Kedai tenda ini sudah berdiri sejak 1991, dan bahkan bahan tepung yang digunakan adalah tepung hasil gilingan sendiri.

Tak hanya tepung, kinca (air gula pemanis) juga dipilih dari gula aren asli. Sementara oncomnya menggunakan oncom tradisional kualitas pasar.

Surabi Cihapit (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Selain menu andalan surabi kinca dan oncom, Surabi Cihapit juga menyediakan aneka varian rasa kekinian untuk menyesuaiakan diri dengan perkembangan selera pasar, seperti surabi keju susu, surabi telur sosis, surabi pisang cokelat, dan masih banyak lagi.

Surabi Cihapit buka pukul 06.00 pagi hingga pukul 12.00 siang, dan dilanjut pukul 15.00 sore sampai pukul 21.00 malam.

 

10. Kue Balok Cihapit

Kue Balok Cihapit berada di samping jalan seberang pintu masuk Pasar Cihapit. Layaknya warung tenda, Alwi (45) orang di balik nikmatnya kue tersebut sudah belasan tahun membakar adonan di atas arang.

Sejak kue baloknya naik daun gara-gara sinetron Preman Pensiun yang menjadikan Bandung sebagai latar tempatnya, Alwi kebanjiran pesanan. Bukan hanya pemain sinetron Preman Pensiunnya saja, beberapa artis ibu kota pun bertandang ke Bandung demi kue baloknya.

Memang, Alwi mengakui kue baloknya sudah tren sejak dibuka pada 2007 sampai 2008. Lalu naik daun lagi pada 2016- 2017.

Kue Balok Cihapit. (dok. Ayobandung.com)

Kue Balok Cihapit memang tidak mengembang karena api dari gas. Tetapi di bawah tungkunya ada bara api dari arang. Uniknya di atas cetakan pun tidak begitu saja ditutup. Penutupnya bisa membawa bongkahan arang yang terus dibolak-balik oleh Alwi supaya adonannya cepat mengembang.

Alasannya tidak membakar adonan memakai gas karena wanginya tentu jauh beda. Ia mengaku, jika menggunakan gas biasanya wangi kuenya pun ada bekas wangi bara api dari kompor gas.

Kue Balok Cihapit ini terasa renyah saat dimakan, apalagi ketika baru diangkat. Tidak bikin berat saat dikunyah dan ditelan. Rasanya yang ringan dan aromanya yang khas mampu membuat anda ingin membelinya berkali-kali.

Cocok dimakan saat sarapan pagi ditemani segelas kopi, atau sore hari sambil bercanda bersama keluarga di rumah. 

 

11. Batagor Haji Isan

Kedai batagor lainnya yang terkenal di Bandung adalah Batagor Isan. Batagor Haji Isan menjadi pelopor batagor di Bandung sejak 1968.

"Awal mulanya saya menjual batagor dengan cara berkeliling, setelah mendapatkan banyak respon dari pembeli sekitar akhirnya saya membuka usaha sendiri yang bernama Batagor Isan," jelas Haji Isan kepada Ayobandung.com.

Batagor Haji Isan. (dok. Ayobandung.com)

Ia mengatakan gerainya sudah tersebar di beberapa titik, seperti di Jalan Cikawao dan Jalan Ciateul. Pengunjung yang penasaran dengan gerai pusatnya bisa datang ke Jalan Bojongloa No 38, Kota Bandung.

Batagor Haji Isan mempunyai rasa yang unik. Batagornya memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang gurih, yang disantap dengan bumbu kacang yang manis. Hingga kini Batagor Haji Isan banyak dijadikan buah tangan oleh wisatawan.

 

12. Cireng Cipaganti

Cireng legendaris ini sudah ada sejak 1990. Lokasinya di Jalan Cipaganti No.143, Pasteur, tepatnya di depan kantor Pos Indonesia.

Cireng Cipaganti merupakan salah satu pelopor camilan cireng isi di Kota Bandung. Tekstur cirengnya renyah dan sambal kacangnya gurih.

Cireng Cipaganti. (Instagram/@cirengcipaganti)

Selain isi sambal kacang, Cireng Cipaganti juga punya beberapa varian cireng lain seperti isi sosis, abon, kornet, dan keju. Tapi pembeli juga bisa memesan cireng campur jika ingin mencoba semua rasa.

Selain cireng, di warung ini tersedia juga cilok dan kerupuk seblak.  

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers