web analytics
  

Tasik Dilanda Longsor Lagi: Sawah Tertimbun, Rumah Warga Terancam

Kamis, 22 Oktober 2020 12:34 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Tasik Dilanda Longsor Lagi: Sawah Tertimbun, Rumah Warga Terancam, Berita Tasikmalaya,Longsor Tasikmalaya,bencana Tasikmalaya,hujan Tasikmalaya

Kondisi longsoran yang terjadi di wilayah Desa Kudadepa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Hujan yang mengguyur wilayah Tasikmalaya pada Rabu (21/10/2020), mengakibatkan bencana longsor. Kali ini, bencana longsor terjadi di Kampung dan Desa Kudadepa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya. 

Ribuan kubik material longsor berupa tanah dan bebatuan dari tebing setinggi 30 meter itu menutupi lebih kurang 5 hektare area persawahan dan kolam ikan.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya mengungkapkan, longsor itu terjadi pascahujan mengguyur wilayah Sukahening  semalam. Diduga karena kondisi tanah labil, pada Kamis (22/10/2020) dini hari terjadi longsor yang cukup besar.

"Kami menerima informasi dari masyarakat di sana, kami langsung melakukan pengecekan lapangan. Dan ternyata longsor cukup besar," ucap Jembar.

Selain menimbun area persawahan dan kolam ikan, longsor juga mengancam rumah yakni milik Yaya Mulyadi (50) warga sekitar yang berada di bibir longsoran. Bahkan, pekarangan rumah sudah tergerus longsor.

"Kami meminta kepada penghuni rumah untuk selalu waspada  jika kembali hujan turun terlebih jika intensitasnya sedang hingga tinggi, " ucap Jembar.

Saat ini, kata Jembar, petugas dari Tagana sedang bersiaga di lokasi longsoran khawatir warga membutuhkan pertolongan bantuan.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers