web analytics
  

Khawatir Covid-19, Menhub Prediksi Puncak Liburan pada 27-28 Oktober

Kamis, 22 Oktober 2020 11:34 WIB Administrator
Umum - Nasional, Khawatir Covid-19, Menhub Prediksi Puncak Liburan pada 27-28 Oktober, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Libur Panjang,Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan pada 27-28 Oktober 2020 menjadi puncak libur panjang akhir bulan ini. Dia sendiri mengaku khawatir libur panjang menyebabkan penularan Covid-19 karena adanya kerumunan.

"Kami mengimbau masyarakat jangan berlibur tanggal 27 Oktober malam atau 28. Karena di situlah diperkirakan terjadi puncak perjalanan," katanya saat mengisi konferensi virtual BNPB bertema Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang, Rabu (21/10) malam.

Efeknya, dia melanjutkan, puncak perjalanan bisa menimbulkan kemacetan. Budi mengatakan, Kemenhub telah mengidentifikasi ada beberapa daerah yang kemungkinan terjadi kemacetan yaitu ke arah timur, kemudian kemacetan perjalanan transportasi umum kapal ke arah Sumatra, dan ketiga di bandara. 

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau mereka yang akan rekreasi jangan bertumpu pada tanggal 28. Pihaknya khawatir, masyarakat yang antusias dan menumpuk pada tanggal 28 bisa menimbulkan satu kemacetan  yang juga tidak menguntungkan bagi mereka sendiri. 

Dia mencontohkan, jika seseorang melakukan perjalanan ke Solo yang semula diperkirakan memakan waktu sembilan jam bisa molor menjadi 12 jam. Sehingga, Kemenhub mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan di luar waktu ini.

"Lakukan mobilisasi pergerakan pada tanggal 29 atau 30. Libur kan masih libur panjang dan lama," ujarnya. Untuk mengantisipasi hal ini, pihaknya juga secara periodik bekerja sama dengan jajaran tingkat bawah Kemenhub. 

Sumber: Republika
Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers