web analytics
  

Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 22 Oktober 2020 10:46 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Kunyit,manfaat Kunyit,khasiat kunyit,Peradangan,Radang Sendi,kanker,pencernaan,Kekebalan Tubuh,Kolestrol

kunyit. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --  Kunyit sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu bumbu masak atau rempah-rempah berwarna oranye. Tidak cuma menyedapkan masakan, kunyit atau kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Anda mungkin sudah cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan. Namun bukan hanya itu, rimpang kunyit selama ini telah jamak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu. Saat dipakai sebagai obat tradisional, kunyit biasanya disajikan dalam bentuk ramuan campuran atau gabungan komposisi dengan empon-empon lainnya.

Melansir dari healthline.com 6 manfaat kunyit untuk kesehatan.

1. Mengurangi peradangan
Peradangan biasanya respons alami dari sistem kekebalan, dan terjadi setiap kali tubuh terluka. Peradangan mengisolasi area yang terluka dari jaringan sehat di dekatnya dengan membungkusnya dalam perisai sel darah putih sebagai bagian dari proses penyembuhan tubuh.

Jika peradangan yang berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan berbagai penyakit kronis, dari penyakit jantung hingga diabetes.

2. Meredakan gejala radang sendi
Sifat anti-inflamasi yang kuat dari teh kunyit dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Ini mengurangi gejala nyeri. Satu studiTrusted Source menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yang disebut kurkumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien osteoartritis.

3. Membantu mencegah kanker
Banyak khasiat teh kunyit, termasuk sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. National Cancer Institute telah mengakui kurkumin sebagai anticarcinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker.

4. Mencegah penyakit pencernaan
Penyakit ini kondisi kronis yang menyebabkan bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Kunyit dapat membantu mempertahankan remisi dari gejala. Menurut University of Maryland Medical Center, sebuah penelitian menemukan bahwa pasien UC dalam remisi memiliki tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah jika mereka mengonsumsi kunyit.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Khasiat obat dalam kunyit mungkin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang dengan gangguan kekebalan. Sebuah penelitian berteori bahwa kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.

6. Menurunkan kolesterol
Kunyit dapat membantu mengurangi risiko anda mengembangkan beberapa kondisi serius, termasuk penyakit jantung dan stroke. (Muhammad Farhandika)

 

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers