web analytics
  

4 Tips Berteduh Saat Hujan, Jauhi Pohon dan Tiang Listrik

Rabu, 21 Oktober 2020 23:00 WIB
Bandung Raya - Bandung, 4 Tips Berteduh Saat Hujan, Jauhi Pohon dan Tiang Listrik, Berteduh Saat Hujan,Tips Musim Hujan

Berteduh Saat Hujan. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pada musim hujan, kita harus mempersiapkan jas hujan maupun payung agar terhindar dari hujan saat bepergian. Jika harus berteduh, ikuti tips berteduh saat hujan berikut ini.

Hujan yang juga disertai petir beberapa kali terjadi pada musim penghujan. Banyak daerah di Indonesia rawan terjadinya petir yang menyambar. Petir dapat membahayakan nyawa dan bisa menyebabkan konsleting.

Sementara itu, masih banyak sekali masyarakat yang menganggap berteduh di bawah pohon dapat terlindungi dari hujan yang turun. Sedangkan kita tidak pernah tahu bagaimana petir menyambar, curah hujan dan angin yang tinggi.

Sambaran petir dapat menimbulkan efek bahaya pada tubuh yang mana tak sedikit korban meninggal dunia karena tersambar petir. Berikut merupakan tips berteduh saat hujan:

1. Hindari pohon

Tips berteduh saat hujan yang pertama adalah jangan berteduh di bawah pohon. Pohon merupakan salah satu objek yang dapat membuat kita terhindar dari hujan karena pohon berfungsi untuk menahan air yang berasal dari atas.

Namun ketika hujan lebat dan disertai petir, pohon bisa saja tumbang karena petir maupun terpaan angin yang sangat lebat. Petir juga dapat menyambar tubuh saat tubuh menyentuh pohon yang terkena petir.

2. Jauhi tiang listrik

Jauhi meneduh yang berdekatan dengan tiang listrik, hal ini akan menyebabkan mudahnya petir menyambar objek yang dialiri arus listrik. Akan terdampak risiko tersambar petir jika berada dekat dengan tiang listrik saat hujan.

3. Berteduh di dalam ruangan

Salah satu cara paling aman berteduh saat hujan adalah berteduh didalam ruangan tertutup.

Selain terhindar dari air hujan, kita akan lebih aman karena tidak mungkin terkena sambaran petir karena kita berada di dalam ruangan. Angin kencang juga dapat tertahan jika kita berada di ruangan tertutup.

4. Hindari lapangan terbuka

Lapangan terbuka akan menyebabkan rawannya petir menyambar dan air hujan yang terus turun. Sebaiknya jauhi lapangan terbuka dan pergi menuju ruangan tertutup yang dapat membuat kita tidak terkena air hujan, sambaran petir dan angin yang kencang.

Alangkah baiknya kalian mengikuti tips berteduh saat hujan yang telah dijelaskan di atas untuk menjaga keselamatan diri.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers