web analytics
  

Manfaat Besar dari Daun Jambu Biji

Rabu, 21 Oktober 2020 19:28 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Besar dari Daun Jambu Biji, jambu biji,manfaat jambu biji,khasiat daun jambu biji,Kesehatan

jambu biji, (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang dikenal kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah ini bermanfaat dalam meringankan diare, batuk, diabetes, kolik, katarak, kolesterol tinggi, penyakit jantung, serta penyakit kanker. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui manfaat daun jambu biji, yang juga penting bagi kesehatan tubuh.

Melansir berbagai sumber, daun jambu biji memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Daun jambu biji dapat dijadikan sebagai ramuan pengobatan. Dengan kandungan kaya antioksidan dan tanin, membuat daun jambu biji menjadi istimewa.

Berikut macam-macam manfaat dari daun jambu biji

1. Obat diare
Manfaat daun biji untuk mengobati diare sepertinya sudah tak menjadi rahasia lagi. Sejak dulu, daun jambu biji selain mengobati seseorang yang menderita DBD, juga bisa mengobati diare. Kamu bisa menikmatinya dengan cara diseduh bersama dengan teh.

2.  Menurunkan Kolesterol
Manfaat selanjutnya yang diberikan jambu biji pada tubuh adalah menurunkan kolesterol. Dikutip dari Merdeka, Rabu (21/10/2020) menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrition and Metabolism, dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dengan jangka waktu berbulan-bulan dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat secara alami tanpa efek samping.

3  Obat diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glukosidease. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah.

4.  Menurunkan kolesterol
Kolesterol biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kadar lemak jenuh tinggi. Menurut United States Departement of Agriculture (USDA), mengkonsumsi daun jambu biji memiliki manfaat yang sama dengan buahnya, yaitu memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol. (Aufa Fadil)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers