web analytics
  

10 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 21 Oktober 2020 16:46 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, 10 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Tubuh, jambu biji merah,manfaat jambu biji merah,Kesehatan,Diabetes,jantung,pencernaan,imun tubuh,Menstruasi,Berat Badan,kanker,Penuaan dini,Kulit,penglihatan

jambu biji merah. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Buah jambu biji merah memiliki beberapa kandungan yang penting bagi kesehatan dan menyehatkan tubuh, seperti mineral dan vitamin. Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan pun dipengaruhi oleh kandungannya.

Bahkan jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. 

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Di balik rasanya yang menyegarkan, ternyata tersimpan kebaikan-kebaikan yang bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Melansir dari stylecraze, Rabu (21/10/2020), beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi gejala diabetes
Serat dalam buah ini dapat menurunkan kadar gula darah. Itu juga dapat mencegah sembelit, masalah umum yang dihadapi oleh penderita diabetes.

Sebuah penelitian di India menyatakan bahwa jambu biji tanpa kulitnya dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar kolesterol darah. Ini mengurangi risiko diabetes.

2. Mencegah penyakit jantung
Serat dalam jambu biji menurunkan kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Polisakarida yaitu sejenis karbohidrat dalam daun jambu biji sebagai antioksidan dan melawan stres oksidatif. Karena stres oksidatif adalah salah satu penyebab utama gagal jantung

Daun jambu biji bisa juga digunakan sebagai teh, dan dapat membantu mencegah aterosklerosis.

3. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan
Satu jambu biji dapat memberi Anda sekitar 12% (3 gram) serat makanan yang direkomendasikan. Beberapa sumber menyarankan bahwa daun buahnya dapat mengobati mual dan muntah. 

Literatur medis juga menyatakan bahwa jambu biji dapat mengobati diare karena sifat antimikroba dan antispasmodiknya. Hal ini terutama berlaku pada ekstrak buah dan daunnya.

Sifat antimikroba jambu biji juga dapat melawan mikroba usus berbahaya (seperti simian rotavirus) dan berpotensi mencegah infeksi pencernaan.

4. Dapat meningkatkan imun tubuh
Jambu biji kaya akan vitamin C. Studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan patogen penyebab penyakit.

Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung. Pastikan Anda memiliki buah yang matang karena mengandung paling banyak vitamin C.

5. Dapat meredakan gejala menstruasi
Dalam sebuah penelitian, 197 wanita saat nyeri haid merasa lega setelah mengonsumsi 6 mg obat yang mengandung ekstrak jambu biji per hari. Studi tikus lain mengungkapkan efek spasmolitik dari ekstrak daun jambu biji. Ekstraknya bisa meredakan kram pada otot polos rahim.

6. Dapat menurunkan berat badan
Jambu biji juga dapat menurunkan berat badan, buah ini cocok sekali dikonsumsi bagi yang memiliki berat badan yang berlebihan karena kandungan serat dalam buah ini dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan seseorang. Buahnya juga rendah kalori. Jambu biji berukuran sedang mengandung sekitar 38 kalori dan dapat dimasukkan dalam diet penurunan berat badan.

7. Dapat mengurangi risiko kanker
Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung likopen. Kedua antioksidan ini membantu mengurangi risiko kanker. Mereka juga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker. Jambu biji sangat kuat dalam membantu pengobatan kanker payudara dan prostat.

Jambu biji mengandung serat. Nutrisi ini membantu mengurangi risiko wasir dan kanker usus besar. Studi lain menyatakan bahwa ekstrak daun jambu biji juga dapat membantu mengurangi resiko kanker.

8. Dapat melindungi kulit dari keriput dan penuaan dini
Jambu biji mengandung antioksidan. Senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan berpotensi menunda tanda-tanda penuaan. Vitamin A dan C dalam jambu biji berperan dalam meningkatkan kekencangan kulit.

Ekstrak daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam pengobatan jerawat.

9. Dapat memperbaiki warna kulit
Ada sedikit penelitian dalam hal ini. Jambu biji dapat menjaga kesegaran kulit dan meningkatkan warna kulit. Namun, jika Anda mudah rentan terhadap alergi, tanyakan kepada dokter sebelum menggunakan jambu biji di wajah Anda.

10. Dapat meningkatkan penglihatan
Vitamin A dalam jambu biji dapat meningkatkan penglihatan. Nutrisi ini diketahui dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Vitamin C yang melimpah dalam buah ini juga berkontribusi pada penglihatan yang lebih baik. (Muhammad Farhandika)

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers