web analytics
  

Cara Atasi Instagram Eror

Rabu, 21 Oktober 2020 11:34 WIB
Bisnis - Gadget, Cara Atasi Instagram Eror, Instagram eror,Instagram Down,Instagram,cara mengatasi Instagram eror

Instagram eror bisa diatasi dengan berbagai cara. (Pixabay/USA-Reiseblogger)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bagi sebagian besar pengguna, Instagram mungkin telah menjadi gaya hidup dan akan merasa gusar jika aplikasi itu mengalami down atau eror.

Dilansir dari Make Tech Easier, Rabu (21/10/2020), terdapat beberapa cara untuk mempeRbaiki masalah itu. Berikut lima cara untuk memperbaiki Instagram jika tidak berfungsi:

1. Hapus data dan cache aplikasi

Anda harus mencoba membersihkan data aplikasi dan cache Instagram. Meskipun dapat menghapus cache dan data aplikasi secara individu aplikasi di Android, tapi buat pengguna iPhone perlu menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Untungnya, ada fungsi Offload, yang berarti data Instagram pengguna akan disimpan di ponsel saat pengguna menghapus aplikasi. Dengan kata lain, semuanya akan pulih saat Anda menginstal ulang Instagram.

Untuk mengapus Instagram dari iPhone, buka Settings > General > iPhone Storage. Gulir ke bawah hingga pengguna menemukan aplikasi Instagram.

Pilih aplikasi tersebut dan klik opsi Offload App. Buka App Store lalu cari aplikasi Instagram dan instal ulang.

Sementara untuk menghapus cache aplikasi Instagram di Android, buka Settings > Apps > klik Instagram > klik opsi Clear data dan Clear Cache.

2. Aktifkan Izin untuk Instagram

Instagram membutuhkan banyak izin aplikasi untuk berfungsi dengan baik di iOS ataupun Android, seperti izin Kamera, Kontak, Mikrofon, Foto, dan Penyimpanan.

Jika izin untuk satu atau dua aspek dinonaktifkan, Instagram mungkin berfungsi dengan baik.

Bagi pengguna Android, pastikan izin aplikasi diaktifkan dengan membuka Settings > Apps & notifications > Instagram > Permissions. Bergantung pada versi Android pengguna, pada langkah selanjutnya Anda harus mengetuk sakelar di samping setiap opsi, hingga warnanya berubah atau ketuk entri dalam daftar Denied, lalu berikan izin.

Bagi pengguna iOS, buka Settings > Instagram dan pastikan semua izin yang relevan diberikan.

3. Cari tahu apakah Instagram down

Jika Instagram mengalami gangguan atau down secara global, tidak banyak hal yang bisa dilakukan kecuali menunggu perbaikan dari pihak Instagram sendiri.

Tanda yang menunjukkan bahwa server sedang down adalah error 5xx.

Pengguna dapat menggunakan pemeriksa status down pihak ketika seperti Down Detector, Is It Down? atau Outage Report. Masukkan URL dan pemeriksa akan memberi tahu pengguna jika Instagram sedang mengalami masalah.

4. Gunakan perangkat lain

Jika masalahnya tidak terletak pada koneksi internet, Anda dapat mencoba menggunakan Instagram di perangkat lain atau periksa apakah aplikasi berfungsi di perangkat orang lain.

5. Lakukan pembaruan

Jika semua cara telah dicoba dan Instagram masih tidak bisa berfungsi, mungkin pengguna belum memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru di perangkat. Versi yang lebih baru biasanya berisi patch keamanan dan perbaikan bug serta fitur baru.

Untuk memperbarui aplikasi Instagram, buka Google Play Store dan klik menu tiga garis horizontal di kiri atas layar. Kemudian klik opsi My Apps and Games lalu periksa apakah ada opsi Update atau Perbarui di sebelah aplikasi Instagram.

Setelah pengguna memperbarui aplikasi, coba buka aplikasi dan jalankan Instagram dari awal.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers