web analytics
  

Bikin Masjid Bandung Kinclong dengan Geber Masjid

Rabu, 21 Oktober 2020 05:01 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Bikin Masjid Bandung Kinclong dengan Geber Masjid, Geber Masjid,Gerakan Beberes Masjid,Masjid di Kota Bandung

Masjid Al-Ukhuwah. (dok. Humas Setda Kota Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Lazis Darul Hikam secara resmi meluncurkan program Gerakan Beberes Masjid (Geber Masjid) pada Oktober 2020.

Direktur Lazis Darul Hikam, Umar Hadi Gumilar menyampaikan, sejauh ini Geber Masjid telah membuat kinclong 29 masjid di Kota Bandung.

"Kita sudah membersihkan 29 masjid. Target kami ingin memiliki 10 tim di Kota Bandung ini. Ya sekitar 30 orang," ujar dia, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, setiap hari pihaknya bisa membereskan sebanyak 3-4 masjid. Umar pun mengajak masyarakat yang ingin menjadi relawan untuk bergabung membereskan rumah ibadah. 

"Silakan kepada masyarakat umum yang mau tergerak hatinya untuk gabung bersama kami. Silahkan datang ke Lazis Darul Hikam," jelasnya.

Ia juga membuka kesempatan kepada warga untuk berdonasi. Tak hanya uang tetapi juga alat pembersih dan sebagainya.

"Silakan datang ke Lazis darul hikam ataupun kepada tim yang di lapangan. Bisa berupa dana, alat pembersih," katanya. 

Sedangkan kriteria masjid yang dibersihkan, yaitu masjid yang ada di hotel, restoran, perkantoran, dan kawasan dekat penduduk. 

"Di manapun akan kita bersihkan. Karena itu rumah Allah," kata Umar.

Gerakan ini turut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. "Saya mengapresiasi program mereka. Mudah mudahan ini menjadi bagian program kontribusi dari Lazis," tutur Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Agar berjalan lancar, Oded meminta Bagian Umum Kota Bandung untuk membantu program tersebut.

"Saya arahkan ke Bagian Umum sebagai leading sektor untuk mengelola fasilitas-fasilitas tempat ibadah yang ada di lingkungan Pemkot Bandung," ujarnya. 

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers