web analytics
  

Bidik Potensi Pasar Haji-Umrah, bjb Syariah Tandatangani MoU dengan Amphuri Jabar

Selasa, 20 Oktober 2020 17:54 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bisnis - Finansial, Bidik Potensi Pasar Haji-Umrah, bjb Syariah Tandatangani MoU dengan Amphuri Jabar, bjbs,haji,Umrah

bjb Syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Barat. (ayobandung/Eneng Reni)

BOJONGLOA KALER, AYOBANDUNG.COM -- Bank bjb Syariah semakin serius menggarap pasar umrah dan haji di wilayah operasionalnya melalui peningkatan layanan.

Hal ini diwujudkan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU)  dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Barat.

Direktur Operasional bank bjb syariah Vicky Fitriadi menyampaikan, Bank bjb Syariah berkomitmen memperkuat branding sebagai bank syariah yang fokus melayani umrah dan haji. Sinergi bersama Amphuri Jabar ini juga dibangun untuk pemasaran paket-paket umrah melalui cabang dan kantor operasional bjb Syariah. 

Bank bjb Syariah sendiri menyediakan beragam produk dan layanan yang menunjang praktik ibadah haji dan umrah. Apalagi, kata Vicky, besarnya potensi jamaah umrah di Jawa Barat dan ditunjuknya kembali bank ini sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Komitmen kami bagaimana potensi yang ada untuk layanan ibadah umrah dan haji bisa dilayani dengan baik. Kami juga berkomitmen melakukan layanan terbaik di seluruh outlet Jabar, DKI, dan Banten," kata Vicky di sela acara, di Bandung, Selasa (20/10/2020).

Vicky mengatakan, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi besar dalam pasar ibadah haji dan umrah. Untuk menggali potensi tersebut, Vicky mengatakan, bjb Syariah bekerja sama dengan 70 biro travel yang berada di bawah naungan Ampuri Jabar.

"Kami bekerja sama dengan 70 biro travel. Kami berharap peran bjb Syariah dapat dimanfaatkan para biro travel dalam meningkatkan layanan di industri umrah dan haji di Jawa Barat," katanya.

Saat ini, Jabar berada di peringkat pertama sebagai daerah dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Indonesia. Hal itu pun menjadi satu alasan kuat yang menjadikan sistem ekonomi berbasis syariah berpotensi besar untuk dapat tumbuh berkembang di Jawa Barat.

Terlebih, Jabar memiliki potensi jemaah sekitar 200.000 setiap tahunnya. Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag) RI, pada 2015 jumlah jemaah umrah Indonesia mencapai 715.000 orang. Tahun 2016 meningkat menjadi 818.000 orang.

Dari angka tersebut, sekitar 20% di antaranya berasal dari Jawa Barta atau ada sebanyak 176.000 jemaah umrah setiap tahun. Jumlah tersebut cenderung mengalami peningkatan pada 2017, 2018 dan 2019. Karenanya, Vicky Berharap kerja sama ini terus berkembang hingga bisa menghasilkan peningkatan value untuk mengangkat ekonomi syariah di wilayah Jawa Barat.

"Intinya potensi pengembangan ibadah haji dan umrah ini besar dan semoga ekosistem ini semakin besar. Mudah-mudahan bjb Syariah terus berkontribusi positif untuk terus membangun ekonomi syariah di Jabar, DKI, dan Banten," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers