web analytics
  

Piala Dunia U-20 Ada Penonton atau Tidak, Lihat Situasi Nanti

Selasa, 20 Oktober 2020 14:30 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Piala Dunia U-20 Ada Penonton atau Tidak, Lihat Situasi Nanti, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021,Piala Dunia U-20 2021,Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan terkait kelanjutan kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2020 di Jakarta, Rabu (7/10/2020). Kompetisi IBL 2020 yang rencananya berlangsung 13-27 Oktober 2020 secara resmi dibatalkan akibat pandemi COVID-19. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan, boleh tidaknya penonton hadir langsung di stadion di perhelatan Piala Dunia U-20 yang akan digelar di enam kota Mei Juni 2021 mendatang masih harus menunggu perkembangan penanganan Covid-19 di Tanah Air. Salah satu patokannya, menurut Menpora, adalah realisasi vaksinasi yang akan dijalankan pemerintah mulai akhir tahun 2020 ini.

Ancaman Covid-19 masih ada, tetapi pemerintah sudah berkoordinasi dengan FIFA untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat sepanjang kompetisi berlangsung.

"Kita akan lihat situasi pada bulan Mei dan Juni nanti kalau tidak ada pengunduran. Jadi seperti apa? Apakah vaksin sudah merata dan lain sebagainya, kita akan lihat seperti itu," kata Zainudin dalam keterangan pers usai rapat terbatas, Selasa (20/10).

Pemerintah pun menunjuk Satgas Penanganan Covid-19 untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA, melalui tim supervisi yang nanti akan dikirim. Prinsipnya, ujar Zainudin, pemerintah berupaya menjamin keamanan masyarakat dan pemain dari risiko penularan Covid-19.

"Kita berharap Mei dan Juni itu sudah bisa ditonton dengan kapasitas setengah atau terbatas dari kapasitas stadion. Nah itu nanti kita lihat, yang jelas yang menentukan otoritas yang akan diberi kewenangan untuk menentukan protokol kesehatan dan FIFA itu sendiri," ujarnya.

Piala Dunia U-20 tahun 2021 mndatang akan diadakan di enam kota di Indonesia. Keenamnya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya Palembang, Solo, dan Bali. Dalam sambutan rapat terbatas pagi tadi, Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk kembali memastikan keamanan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, terlebih masih adanya ancaman Covid-19.

Pemerintah, ujar Presiden, juga akan memastikan berjalannya protokol kesehatan secara ketat selama penyelenggaraan event olahraga internasional tersebut.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan

artikel terkait

dewanpers