web analytics
  

Ini Alasan Robert Alberts Mulai Ubah Porsi Latihan Persib

Selasa, 20 Oktober 2020 21:16 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Ini Alasan Robert Alberts Mulai Ubah Porsi Latihan Persib, Persib Bandung,Porsi Latihan Persib,Pelatih Persib Bandung Robert Alberts

Skuat Persib Bandung berlatih. (istimewa)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah ketidakjelasan Liga 1 2020, Persib Bandung masih tetap menggelar sesi latihan kolektif. Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengatakan, program latihan ini sedianya untuk menjaga keseimbangan tim serta menjaga fisik para pemain.

"Kami harus menjaga keseimbangan tim meski ada ketidakjelasan soal kondisi liga saat ini. Pemain sangat kelelahan, baik fisik maupun emosi, jadi saya tidak bisa meminta terlalu banyak dari mereka," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Selasa (20/10/2020).

Di sisi lain, Robert menyebut, tim pelatih mulai menyiapkan program latihan yang lebih ringan. Robert tak menampik, pemain sudah dalam fase kelelahan baik secara fisik maupun psikis sejak Liga 1 2020 ditunda karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Karenanya, pelatih asal Belanda itu mengurangi porsi latihan. Robert mengaku enggan melihat skuat Maung Bandung mengalami penurunan kondisi karena kehabisan tenaga saat Liga 1 kembali bergulir.

"Karena jika nanti liga benar-benar digelar, pemain justru akan kehabisan tenaga. Ada banyak yang sudah merasakan itu terutama soal mental. Bukan hanya pemain, tapi orang-orang yang bekerja di sepak bola seperti ofisial dan bahkan juga media mengalami itu. Jadi penting untuk menjaga keseimbangan," kata Robert.

Robert menyampaikan, dengan menurunkan porsi latihan para pemain juga bisa lebih rileks. Hal itu untuk membuat tingkat stress skuat Pangeran Biru bisa terjaga dengan baik.

"Jadi ketika mereka kembali berlatih lagi, mereka lebih termotivasi dan ritme itu sejauh ini dipertangungjawabkan dengan baik oleh pemain karena mereka bisa menjaga level latihan yang kami lakukan," katanya.

Selain itu, Robert juga ingin para pemain bisa lebih banyak meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga di sela kesibukan latihan. Menurut Robert, hal itu bisa menjadi motivasi tambahan bagi pemain saat melakukan latihan.

"Mereka kembali dengan pikiran yang fresh karena sudah berkumpul bersama keluarga. Bisa dilihat intensitas ketika latihan sangat fantastis. Saya sangat senang dengan apa yang dilakukan di Persib Bandung karena kami juga didukung penuh oleh manajemen," katanya.

Sedianya, banyak tim peserta Liga yang mulai memberikan libur panjang bagi para pemainnya sampai PSSI mengumumkan jadwal kick off Liga 1. Namun, Robert enggan mengambil langkah serupa. Belajar dari pengalaman, Robert menilai, keputusan dalam sepak bola Indonesia selalu dilakukan secara mendadak.

"Ya kami sudah mendengar itu, bahwa tidak akan ada izin. Namun semua bisa berubah dengan cepat apa yang bisa terjadi di Indonesia. Jadi kami harus tetap bersiap, jika terjadi perubahan dengan alasan lainnya kami juga mengantisipasinya. Tapi seperti yang saya katakan, fokus kami saat ini adalah bersiap untuk Januari karena itu kabar utama yang kami dengar," ujarnya.
 

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers