web analytics
  

Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Angkot Bandung Raya

Selasa, 20 Oktober 2020 11:39 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Bandung, Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Angkot Bandung Raya, protokol kesehatan covid-19,Protokol Kesehatan,protokol kesehatan di angkot,Ubah Laku,Jurnalisme Ubah Laku

Suasana penumpang di dalam angkot Kota Bandung. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Protokol kesehatan wajib diterapkan oleh semua warga Bandung saat pergi keluar rumah di tengah Pandemi Covid-19. Termasuk saat berada di dalam angkutan umum, seperti angkot.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com di dua angkot jurusan Kalapa-Buahbatu dan Cicaheum-Leuwi Panjang, semua penumpang angkot di Kota Bandung sudah menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

Sopir angkot pun tidak kalah sadar. Mereka menggunakan masker saat sedang mengemudi. Saat penumpang angkot sedang sepi, mereka juga sudah sadar untuk menjaga jarak dengan duduk berjauhan.

Bahkan beberapa di antaranya ada yang mengaku membawa hand sanitizer sendiri untuk membersihkan tangan.

Salah satu penumpang angkot jurusan Kalapa-Buahbatu, Dewi menuturkan, selalu membawa hand sanitizer ke mana-mana, terutama saat harus naik angkutan umum. Setelah memberikan uang ongkos atau menerima uang kembalian, dia harus segera membersihkan tangan.

"Ya ini (bawa hand sanitizer) jaga-jaga saja, supaya kuman-kuman di tangan langsung mati. Jadi kan lebih aman. Kita enggak tahu uang yang kita kasih atau terima itu besih atau kotor," katanya kepada Ayobandung.com.

Hal serupa juga diungkapkan Ira. Perempuan yang hampir setiap hari menggunakan angkot ke tempat kerja itu selalu memakai protokol kesehatan lengkap. Antara lain memakai masker dan membawa hand sanitizer.

"Saya enggak bisa kalau keluar rumah enggak bawa hand sanitizer dan pakai masker. Soalnya itu penting sih. Dari pada kena Covid, mending jaga-jaga kan ya," ujarnya.

Sementara itu, pemandangan berbeda terlihat di angkot wilayah Kabupaten Bandung. Berdasarkan pantauan di angkot jurusan Buahbatu-Dayeuhkolot, kesadaran penumpang terhadap protokol kesehatan masih rendah.

Kebanyakan penumpang terlihat tidak memakai masker. Mereka juga tampak tidak begitu memperhatikan jaga jarak. Meski demikian, pengemudi angkot sudah terlihat memakai masker dengan benar.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers