web analytics
  

5 Baso Aci Nikmat di Bandung, Wajib Coba!

Senin, 19 Oktober 2020 11:46 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, 5 Baso Aci Nikmat di Bandung, Wajib Coba!, Baso aci enak di Bandung,Baso aci Bandung,Baso aci Akang,Baso aci Ganteng,Baso aci Mas Jay,Baso aci Jomblo,Baso aci Korea

Baso Aci Akang. (Instagram/@basoaciakang)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kuliner Bandung yang satu ini cocok dimakan di musim dingin. Kuahnya yang gurih dan baso acinya yang kenyal tak hanya mampu mengenyangkan perut, tetapi juga bisa menghangatkan badan.

Baso aci tak berbeda jauh dengan cilok. Keduanya sama-sama dibuat menggunakan tepung kanji yang dibulat-bulat dan berisi tetelan.

Jika cilok biasanya dimakan dengan cara ditusuk dan dilumuri bumbu kacang, baso aci biasanya dimakan dengan sendok dan dicampurkan dengan kuah dan banyak topping lainnya.

Penasaran dengan baso aci? Berikut 5 rekomendasi baso aci enak di Bandung yang telah dirangkum oleh Ayobandung.com.

1. Baso Aci Ganteng

Terletak di Jalan R.E. Martadinata, Baso Aci Ganteng selalu ramai oleh pengunjung. Pilihan menunya pun sangat beragam, mulai dari Ganteng Aja, Ganteng Pisan, Ganteng Banget, dan Ganteng Maksimal.

Seporsi lengkap dari Baso Aci Ganteng terdiri dari baso aci, ceker, daging tetelan, cuanki, tahu, dan sukro cikur. Untuk oleh-oleh, pembeli bisa juga memesan paket sendiri dan paket keluarga.

Baso Aci Ganteng. (Instagram/@basoaciganteng)

Selain di Jalan R.E. Martadinata, tersedia juga beberapa cabang di Jalan Japati Telkom, Jalan Karawitan No.50 B, Jalan Gegerkalong Girang No.69, Jalan Venus Raya No.11, Jalan Cihanjuang No.104 Ruko Citra Cihanjuang Cimahi, Jalan Unjani No.250 D Cibeber Cimahi.

Jika Anda mampir ke sini jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk limau dan juga beberapa sendok sambal yang akan menggoyang lidah Anda saat pertama kali mencicipi kuahnya. Untuk satu porsi, bakso aci ini dibanderol mulai dari Rp18.000 sampai dengan Rp23.000.

 

2. Baso Aci Mas Jay

Baso Aci Mas Jay yang sudah berdiri sejak 2017 ini berlokasi di Jalan Pahlawan No.43. Baso aci di sini dikenal dengan kuahnya yang beragam.

Baso Aci Mas Jay menawarkan menu unik juga yakni Porsi Gak Takut Gendut, Porsi Udah Gendut, Porsi Menuju Gendut, dan Porsi Bahagia. Satu porsi lengkapnya terdiri dari baso aci, tetelan/kikil, ceker, cuanki, siomay, dan sukro cikur.

Baso aci Mas Jay. (Instagram/@masjay_id)

Ada 3 pilihan kuah yang bisa dicoba yakni kuah nusantara, kuah merapi, dan kuah membara. Sedangkan baso acinya ada yang isi ayam, urat, dan jando.

Di sini pembeli juga bisa memilih level kepedasan sesuai selera. Ada level 10-20 (Dower Santuy) untuk yang gak terlalu pedas, level 30-40 (Dower Syantique) untuk yang cukup pedas, dan ada level 50-100 (Dower Ambyar) untuk yang suka pedas.

Gak cukup kuahnya saja, sambalnya pun ada beragam yakni sambal bon cabe membara, sambal kojo taichan, dann sambal red laava seasoned chili oil. Harga seporsinya semua di bawah Rp20.000.

 

3. Baso Aci Akang

Baso aci yang satu ini tidak hanya terkenal di Bandung, tapi juga di banyak kota di pulau Jawa, namanya Baso Aci Akang. Di Bandung, kedainya ada di MTC Bandung, Komplek Metro Indah Mall Kav.D57, Jalan Soekarno-Hatta dan di Jalan Raya Gading Tutuka 1, No.5, Soreang.

Ada banyak paket baso aci yang ditawarkan yakni Paket Lapar, Paket Karohal, Paket Salatri, dan Paket Olab. Pembeli bisa memesan paket-paket itu dengan kuah original atau kuah telor ambyar.

Baso Aci Akang. (Instagram/@basoaciakang)

Seporsi lengkap Baso Aci Akang berisi baso aci, batagor mini, batagor kering, cuanki tahu mini, cuanki kembung, cuanki siomay, ceker, dan tetelan.

Selain baso aci, ada juga menu mie aci dan baso aci tulang rangu. Harga semua menu di bawah Rp30.000.

 

4. Baso Aci Jomblo

Gak cuma buat para jomblo, Baso Aci Jomblo yang terletak di Jalan Cikutra No.153 ini juga cocok untuk disantap bersama pasangan. Cabangnya ada banyak yakni di Jalan Purwakarta No.190 Antapani, Jalan Tatasurya No.19 Margahayu Raya, Jalan Kliningan No.18, dan Jalan Bagus Rangin Gg.03.

Satu porsi komplet Baso Aci Jomblo terdiri dari baso aci, baso daging, tetelan sapi, ceker ayam, batagor kering, tahu cuanki, dan pilus cikur. Namun, yang paling populer adalah baso aci tulang rangu.

Baso Aci Jomblo. (Instagram/@basoacijomblo)

Ada 4 kuah yang bisa dipilih dan pastinya semua enak, yaitu kuah tomyam, kuah hot mala, kuah taichan, dan kuah kaldu.

 

5. Baso Aci Korea

Kpopers merapat! Di Baso Aci Korea, kita bisa makan baso aci BTS hingga EXO. Tentu saja ini hanya ragam kuahnya.

Pilihannya ada kuah NCT original, kuah BTS Tomyum, kuah EXO Taichan, dan kuah Blackpink Korea. Lebih nikmat lagi, baso acinya bisa disajikan dengan 50 baso kerikil.

Baso Aci Korea. (Instagram/@basoacikorea)

Selain itu, ada menu spesial lainnya, bakso lobster dan bakso cumi. Dijamin puas! Kedainya ada di Jalan Ternate No.5, Jalan Guntur No.21

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers