web analytics
  

Satgas Covid-19 Cianjur: 3M Mampu Menekan dan Memutus Rantai Penularan

Senin, 19 Oktober 2020 19:15 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Satgas Covid-19 Cianjur: 3M Mampu Menekan dan Memutus Rantai Penularan, Satgas Covid-19 Cianjur

Ilustrasi -- 3M. (Ayobandung.com)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur benar-benar menjalani gerakan 3M demi menimalisir terpaparnya Covid-19. Pasalnya, kasus di Cianjur mengalami tren naik baik yang ODP, PDP maupun positif.

“Gerakan 3M akan menjadi masif untuk menekan dan memutus rantai penularan Covid-19, tetapi dengan catatan masyarakat harus benar-benar menjalankannya,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Cianjir, dr Yusman Faisal pada Ayobandung.com, Senin (19/10/2020).

Yusman mengatakan sebenarnya gerakan 3M ini bisa dilakukan sungguh-sungguh oleh masyarakat, karena sangat mudah dan tidak membebani masyarakat.

“Gerakan 3M bukan untuk siapa-siapa, melainkan untuk masyarakat itu sendiri. Ayo kita mulai dari lingkungan terkecil kita yakni keluarga,” katanya.

Tidak sukit dalam gerakan 3M ini, yakni mengajak masyarakat untuk memakai masker yang baik dan benar (menutupi hidung, mulut, dan dagu); Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir; menjaga jarak aman minimal satu meter.

Sebelumnya Yusman mengatakan, di Kabupaten Cianjur kondisi Covid-19 untuk saat ini selama kurun waktu kurang lebih dua minggu trennya tiap hari terus naik.

"Kalau ini memang juga selaras dengan kabupaten/kota lain kasusnya sama meningkat, artinya tidak hanya di Kabupaten Cianjur tetapi juga di Jabar dan nasional juga. Tapi memang sangat-sangat sama semua daerah kabupaten/kota peningkatan kasus itu," tuturnya.

Kemudian, lanjut Yusman, dari permasalahan itu akan dilihat lagi evaluasi minggu berikutnya apakah dengan strategi seperti itu akan terjadi penurunan atau tidak. 

"Cianjur sendiri dilingkari oleh daerah-daerah yang sudah orange seperti Kabupaten Sukabumi, Purwakarta, kota Bandung Barat itu kan orange. Cianjur sudah dikelilingi, jadi kelihatan dari hari ke hari ini memang kasusnya terus naik," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers