web analytics
  

PERSIB HARI INI: Puasa Kemenangan 7 Laga Usai Ditahan Madura United 0-0

Senin, 19 Oktober 2020 09:58 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, PERSIB HARI INI: Puasa Kemenangan 7 Laga Usai Ditahan Madura United 0-0, PERSIB HARI INI,Persib Kalah dari Madura United,Persib Bandung vs Madura United,Persib vs Madura United

Latihan Persib jelang laga kontra Madura United dalam laga lanjutan GoJek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (19/10/2017). (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tepat tiga tahun lalu, 19 Oktober 2017, Persib Bandung harus puasa kemenangan dalam 7 laga beruntun. Skuat Maung Bandung harus rela ditahan imbang Madura United 0-0 dalam laga lanjutan GoJek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (19/10/2017). 

Hasil itu memperburuk torehan kurang maksimal yang terus diraih skuat Maung Bandung di Liga 1 2017. Dari tujuh laga terakhir, Persib tak sekalipun meraih kemenangan. Hanya mampu menuai 6 kali imbang dan sekali kalah tentu pencapaian yang tidak sesuai dengan harapan.

Penyelesaian akhir kembali menjadi salah satu faktor penyebab hasil seri Persib Bandung saat menjamu Madura United pada lanjutan Liga 1 2017. Peran Ezechiel N'Douassel sebagai target man pun tak optimal karena ternyata kondisi fisiknya yang kurang fit.

Meski bermain kandang, Persib pun lebih banyak diserang lawan. Padahal lawan hanya menggunakan 1 gelandang bertahan. Sedangkan Persib sendiri menempatkan 2 gelandang bertahan, Kim Jeffrey Kurniawan dan Hariono.

Dalam laga tersebut Persib harus bermain dengan 10 pemain di menit 81 setelah Dedi Kusnanar mendapatkan kartu merah langsung. Wasit Alireza Faghani mengganjarnya usai menyikut Rizky Dwi Febrianto.

Kendati kedua tim membuat peluang berbahaya, namun tak ada gol tercipta. Penyelesaian akhir yang buruk membuat keduanya harus puas membawa satu poin.

Dengan hasil tersebut. Madura United bertahan di posisi ke-5 dengan 54 poin, sedangkan Persib di posisi ke-11 dengan 38 poin di klasemen sementara Liga 1.

 

Jalannya Pertandingan

Pada jalannya laga, sedari awal babak pertama Madura United sudah tampil menekan. Bayu Gatra nyaris membobol gawang Persib ketika laga baru berjalan tiga menit.

Bayu yang berdiri bebas berhasil melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Bola meluncur tipis di atas mistar gawang yang dijaga M Natshir.

Demikian pula dengan serangan balik cepat Persib Bandung di menit ke-11 juga nyaris membuahkan gol. Supardi yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Herry Prasetyo gagal melepaskan tendangan dengan sempurna. Bola meluncur lemah dan bisa dihalau Herry dengan kakinya.

Peluang emas kembali dihasilkan para pemain Persib di menit ke-20. Permainan umpan segitiga antara Atep, Tony Sucipto dan Gian Zola di sisi sayap kiri Persib menusuk pertahanan Madura United.

Tony langsung mengumpan bola ke mulut gawang Madura United. Sembari berlari Zola yang berdiri bebas di mulut gawang Madura United gagal melepaskan tendangan dengan sempurna. Skor masih 0-0.

Di menit ke-29, Madura United meladeni serangan Persib. Greg Nwokolo mampu merepotkan pertahanan Persib dan berhasil mengirimkan umpan kepada Thiago yang gagal mengkonversi menjadi gol.

Persib kembali melancarkan serangan kepada Madura United dari sayap kanan Persib di menit ke-37. Ezechiel N'Douassel yang menerima umpan dari sayap kanan malah terpeleset sehingga belum mampu menghasilkan gol pertama bagi Persib.

Sampai dengan akhir babak pertama, belum ada gol tercipta untuk kedua tim. Skor 0-0.

Di babak kedua inisiatif serangan kembali ditampilkan oleh Madura United. Serangan Madura di awal babak kedua nyaris menjebol gawang M Natshir yang sukses menepis tendangan keras dari Slamet Nurcahyo di menit ke-47.

Rendika Rama juga nyaris membobol gawang Persib Bandung di menit ke-61. Sepakan kerasnya masih meluncur di atas gawang M Natshir.

Peluang berbahaya Rendika, dibalas oleh Febri Hariyadi di menit ke-64 yang melepaskan tendangan. Bola melambung di atas gawang Herry Prasetyo.

Herry kembali berjibaku mengamankan gawang Madura United saat Matsunaga melepaskan tembakan keras. Herry mampu menepis bola sehingga peluang Persib kandas.

Persib harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-80 setelah kartu merah diterima Dedi Kusnandar. Wasit menilai Dedi secara sengaja menyikut salah satu pemain Madura United.

Menghadapi 10 pemain Persib, Madura United kesulitan menciptakan gol sampai dengan ke-90, kendati menghasilkan beberapa peluang melalui Slamet Nurcahyo, Odemwingie dan Greg. Skor 0-0 menutup pertandingan.

 

Susunan Pemain 

PERSIB

Pemain: M Natsir, Achmad Jufrianto, Supardi, Yony Sucipto, Vladimir, Atep (C), Febri, Gian Zola, Hariono, Kin Jeffrey, Ezechiel Ndouasel

Cadangan: I Made, Jajang, Purwoko, Wildansyah, Dedi Kusnandar, Matsunaga, Billy Keraf

MADURA UNITED

Pemain : Hery Prasetyo, Andik Rendika, Fachruddin, Fabiano (C) , Guntur Ariyadi, Slamet Nurcahyo, Bayu Gatra, Engelberd Sani, Greg Nwokolo, Odemwingie, Thiago Furtuoso

Cadangan : Panggih, Eriyanto, Munhar, Fandi Eko, Rizky Dwi, Saldi dan Rendy Siregar

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers