web analytics
  

Waspada Fenomena La Nina di Puncak Hujan Januari-Februari 2021

Minggu, 18 Oktober 2020 21:03 WIB
Umum - Regional, Waspada Fenomena La Nina di Puncak Hujan Januari-Februari 2021, La Nina,Fenomena La Nina,Puncak Musim Hujan

Curah Hujan Tinggi. (Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bogor mengungkapkan, fenomena iklim anomali La Nina akan berlangsung hingga bulan Maret tahun 2021. Karena itu, masyarakat diminta mewaspadai puncak hujan di bulan Januari dan Februari 2021.

"La Nina akan berlangsung sampai bulan Maret 2021, yang perlu diwaspadai pada saat terjadinya puncak curah hujan sekitar bulan Januari dan Februari 2021," ujar Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor, Muthalib, Minggu (18/10).

Untuk mengurangi risiko terjadinya bencana pada periode tersebut, masyarakat harus memperhatikan aliran air agar tidak terhambat. Pasalnya, salah satu dampak La Nina adalah meningkatnya intensitas curah hujan dari kondisi biasanya.

"Curah hujan yang akan terjadi cenderung di atas normal," katanya.

Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan awal musim hujan di Kota Bandung berada di akhir bulan Oktober. Menurutnya saat ini masih dalam proses pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

"Antisipasi potensi banjir di daerah sekitar aliran sungai dan longsor di daerah perbukitan saat curah hujan tinggi," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers