web analytics
  

Pilkada Kabupaten Bandung: Bawaslu Temukan Ribuan Pemilih Ganda dalam DPT

Minggu, 18 Oktober 2020 20:20 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Pilkada Kabupaten Bandung: Bawaslu Temukan Ribuan Pemilih Ganda dalam DPT , Bawaslu Kabupaten Bandung,Pilkada Kabupaten Bandung 2020,KPU Kabupaten Bandung

Ilustrasi pemungutan suara. (Ayobandung.com)

SOREANG,AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung menemukan masih adanya pemilih ganda dalam DPT Pilbup Bandung 2020 yang ditetapkan KPU beberapa hari lalu.

"Ada 4.000 pemilih ganda yang kami temukan dalam DPT Pilbup Bandung. Terbanyak di Kecamatan Baleendah," tutur Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia, Minggu (18/10/2020).

DPT kata Hedi merupakan elemen penting dalam Pemilihan, mengingat melalui daftar tersebut masysarakat bisa menggunakan haknya sebagai warga negara dalam pemilu.

Namun kata Heedi, setelah penetapan DPT ini adalah bagaimana Bawaslu mendorong mereka yang sudah ada di DPT ini bisa menggunakan hak pilihnya.

"Karena agak mubazir juga kita yang sudah berjuang menetapkan DPT, tapi orangnya sendiri tidak mau memperjuangkan haknya untuk memilih. Sekarang bolanya ada di masyarakat. Kita sudah komitmen untuk mendorong menjaga hak pilih masyarakat Kabupaten Bandung," jelasnya. 

Dia mengimbau kepada warga Kabupaten Bandung yang sudah memiliki hak pilih agar pada 9 Desember 2020 bisa menggunakan hak pilihnya. 

"Sebab, masa depan Kabupaten Bandung itu ditentukan sejak 9 Desember mendatang. Siapa pemimpin yang akan terpilih dan itu ditentukan oleh warga Kabupaten Bandung. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu," imbau Hedi.

Secara umum untuk DPT ini, tegas Hedi, sudah selesai. Tapi bagaimana mereka yang belum ada di DPT, nantinya masih bisa mengajukan.

"Mereka bisa menggunakan KTP atau menggunakan identitas lainnya apabila mau menggunakan hak pilih di TPS. Jadi tidak perlu ada yang ditakutkan,"tutupnya.

 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers