web analytics
  

Waktu Terbaik Cuci Masker Kain dan Cara Memakai Masker yang Benar

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:25 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Waktu Terbaik Cuci Masker Kain dan Cara Memakai Masker yang Benar, Cara Memakai Masker yang Benar,Cara Mencegah Virus Corona

[Ilustrasi] Cara menggunakan masker yang benar dan efektif. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masker kain tiga lapis dianjurkan dipakai oleh masyarakat umum untuk meminimalisasi terjangkit virus corona.

Sejumlah penelitian menunjukkan, bahan katun kemungkinan dapat memblokir tetesan pernapasan yang keluar dari seseorang, meski tidak diketahui berapa banyak perlindungan yang diberikan.

Dokter penyakit menular di Brigham and Women's Hospital, Michael Klompas, mengatakan, bahan lain seperti syal kemungkinan tidak akan memberi perlindungan sebaik masker kain.

"Anda dapat membayangkan jika mengenakan syal rajut longgar dengan banyak lubang di dalamnya... itu tidak akan sangat efektif," ujarnya, dikutip NPR.

Seorang ahli penyakit menular di Columbia University, Daniel Griffin, juga menyarankan publik untuk mencuci masker kain setiap kali selesai digunakan.

"Itu adalah sesuatu yang kau kenakan satu kali, berpotensi terkontaminasi batuk, bersin atau semburan air liurmu, atau melindungimu dari batuk, semprotan, tetesan pernapasan orang lain. Dan sekarang masker itu kotor. Pada dasarnya perlu dicuci," kata Griffin.

Karena itu, setelah mengenakan masker kain, menurutnya masyarakat harus segera memasukkannya ke keranjang cucian.

Dia juga tidak menganjurkan untuk menarik masker ke bawah dagu ketika sedang makan, kemudian memasangnya kembali seperti sedia kala. Menurutnya, hal ini akan membuat kuman yang berada di masker berpotensi ikut masuk ke mulut.

CDC juga telah menyarankan untuk rutin mencuci masker kain setelah digunakan. "Masker harus dicuci secara rutin tergantung pada frekuensi penggunaan," tulis CDC dalam laman resminya.

Mereka juga mengingatkan untuk berhati-hati dalam melepas masker kain yang baru saja digunakan, yaitu dengan tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut. "Dan mencuci tangan segera setelah melepas masker," kata mereka.

Cara memakai masker yang benar

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya ada 7 hal yang mesti diperhatikan saat menggunakan masker, yakni:

1. Pakai masker secara seksama untuk menutupi mulut dan hidung, kemudian eratkan dengan baik untuk meminimalisasi celah antara masker dan wajah.

2. Saat digunakan, hindari menyentuh masker.

3. Lepas masker dengan teknik yang benar. Misalnya, jangan menyentuh bagian depan masker, tapi lepas dari belakang dan bagian dalam.

4. Setelah dilepas jika tidak sengaja menyentuh masker yang telah digunakan, segera cuci tangan.

5. Gunakan masker baru yang bersih dan kering, segera ganti masker jika masker yang digunakan terasa mulai lembap.

6. Jangan pakai ulang masker yang telah dipakai.

7. Buang segera masker sekali pakai dan lakukan pengolahan sampah medis sesuai SOP.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers