web analytics
  

Begini Cara Membuat Es Kuwut yang Enak dan Segar di Rumah

Sabtu, 17 Oktober 2020 06:53 WIB Arditya Pramono
Gaya Hidup - Kuliner, Begini Cara Membuat Es Kuwut yang Enak dan Segar di Rumah, Es Kuwut Bali, cara membuat es kuwut,Minuman Segar,Kuliner Enak,Kuliner Bandung

Es Kuwut, sangat mudah dibuat dan segar diminum saat cuaca panas. (Keluarga Kokoh)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Minuman dingin sangat nikmat dan menyegarkan ketika diminum saat cuaca panas terik. Salah satunya Es Kuwut, minuman segar khas Bali.

Cara membuat dan bahan baku es kuwut sangatlah mudah. Menurut salah seorang pedagang Es Kuwut di sekitaran jalan KK Singawinata, Nia (32), bahan baku pembuatan es tersebut yakni 1 kelapa muda, 1 buah melon, 2 sendok makan selasih kering, jeruk nipis, air kelapa, dan sirup gula atau sirup leci. 

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama untuk membuat es kuwut yaitu daging kelapa muda dan melon dikerok terlebih dahulu. 

"Isi kelapa muda dan melon kita ambil dagingnya kemudian kita taruh ke dalam sebuah mangkuk," kata Nia.

Selain daging kelapa muda dan melon, selasih kering yang direndam air panas terlebih dahulu juga ikut dimasukkan ke mangkuk tersebut. 

Sementara itu, air kelapa, sirup, dan perasan jeruk nipis juga kita masukkan ke dalam mangkuk yang telah berisi buah-buahaan tersebut. 

"Kemudian tinggal diberi es batu. Hidangan Es Kuwut Bali yang segar siap diminum," katanya. 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers