web analytics
  

Curhat Mario Jardel, Libur Latihan Ngopi Bareng Senior Persib

Jumat, 16 Oktober 2020 15:10 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Curhat Mario Jardel, Libur Latihan Ngopi Bareng Senior Persib, Mario Jardel,Persib Bandung,nasib liga 1 2020,Liga 1 2020 Ditunda

Pemain muda Persib Bandung, Mario Jardel. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pemain muda Persib Bandung, Mario Jardel tak menampik, dirinya merasakan imbas dari gantungnya nasib Liga 1 2020.

Jardel mengungkapkan, ketidakjelasan kompetisi musim 2020 membuat semangat tim sedikit mengendur lantaran tak ada jadwal resmi untuk bisa memulai kompetisi.

Jardel mengakui, tim pelatih Persib juga terus mencari cara agar untuk menghilangkan dampak negatif dari ketidakjelasan kompetisi. Salah satunya dengan memberikan variasi program dan tempat latihan. Dengan program itu, Jardel menilai, mental bertanding dan kebugaran tim tetap terjaga. 

Menurut Jardel, lingkungan yang positif di skuat Pangeran Biru membuat suasana tim tetap ceria. Hal itu pun memberi dampak besar bagi seluruh pemain. Karenanya, dia yakin, saat kompetisi kembali bergulir, tim Persib tak akan kehilangan atmosfer positif di dalam lapangan.

"Bagi jardel sendiri sama sekali tidak mengubah mental yang penting kita harus menjaga kebugaran, yang penting kita tetap semangat dalam latihan kita berpikir positif saja," ungkapnya, Jumat (16/10/2020).

Buktinya saat tim mendapatkan jatah libur, Jardel mengaku selalu ikut berkumpul atau sekadar bercengkrama dengan para senior di asrama tim. Dia menilai, suasana positif itu wajib dijaga agar atmosfer kekeluargaan bisa terjaga baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Jardel paling kumpul sama Bang Pardi, ngopi-ngopi di kamar. Enggak ada main keluar, wisata apalagi kan kondisi lagi seperti sekarang ini, mendingan kita diem di kamar," ujarnya.

Pemain berusia 18 tahun itu menilai, rekan di timnya sejauh ini tetap profesional. Skuat Maung Bandung tetap berusaha untuk menjaga semangat dalam berlatih secara rutin meski program latihan menjadi cukup monoton karena tak ada pertandingan.

"Dengan ketidakjelasan ini semua pemain pasti ada sedikit rasa ngeluh. Tapi kami tetap menjaga semangat ini setiap latihan," kata Jardel.

Setelah mengalami penundaan dua kali, konon Liga 1 2020 akan bergulir 1 November 2020. Sebelumnya PSSI, PT LIB, dan 18 klub Liga 1 sepakat ingin melanjutkan kompetisi. 

Namun masalahnya, Polri tetap tak memberikan izin keamanan untuk lanjutan kompetisi musim ini. Alasannya, akan ada perhelatan Pemilu Serentak pada 9 Desember.

Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia yang masih belum terkendali pun menjadi salah satu faktor penyebab Polri tak mengeluarkan izin keramaian.

Selain itu pula, sejumlah klub sempat mengumumkan beberapa pemainnya positif terpapar Covid-19. Praktis hal ini kian menyulitkan lanjutan Liga bisa bergulir sesuai rencana.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers