web analytics
  

Awas Keliru, Begini 5 Langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:09 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Awas Keliru, Begini 5 Langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar, cara mencuci tangan yang baik dan benar,Cara Mencegah Virus Corona

Warga mencuci tangan di sebuah wastafel yang disediakan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa (13/10/2020). Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mencanangkan kampanye global Hari Cuci Tangan Sedunia sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yang jatuh pada 15 Oktober. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mencuci tangan merupakan tindakan dasar untuk meminimalkan terjangkit kuman dan virus corona. Namun, masih ada anggapan membasuh tangan di kucuran air sudah lebih dari cukup untuk membersihkan kuman dan kotoran yang menempel di tangan.

Padahal, membasuh dengan air saja tidak mampu membersihkan semua biang penyakit yang menempel di tangan. Penting bagi Anda mengetahui tahapan-tahapan yang benar saat mencuci tangan.

Tangan sendiri merupakan salah satu anggota tubuh yang perannya aktif dan sering bersentuhan dengan banyak benda. Karena itu, bisa dibayangkan sebanyak apa kuman dan kotoran yang bisa menempel, khususnya di telapak tangan. 

Agar tangan bersih dan terhindar dari segala jenis penyakit, melansir Verywellhealth, Sabtu (17/10/2020), berikut cara mencuci tangan yang baik dan benar:

1. Tetap nyalakan keran air

Nyalakan keran air dan basahi tangan. Anda dapat mematikan air atau membiarkannya mengalir, tergantung pada preferensi Anda. Mematikannya jelas menghemat air, tetapi hal tersebut membuat Anda memegang kembali gagang keran yang mungkin mengandung kuman.

2. Gunakan sabun hingga berbusa

Sabun dapat membantu mengangkat kuman dan mikroba dari kulit. Anda bisa menggunakan sabun biasa daripada sabun antibakteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa sabun tersebut tidak lebih baik dari sabun biasa.

3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik

Tindakan ini setidaknya dilakukan selama 20 detik. Untuk memastikan mencuci tangan dalam waktu yang tepat, Anda bisa menyanyikan lagu “Happy Birthday” sebanyak 2 kali.

Saat melakukannya, pastikan Anda benar-benar menggosok seluruh bagian tangan. Gosok pula di antara jari-jari, di bawah kuku, serta di seluruh ibu jari dan pergelangan tangan. Hal ini karena kuman ada di seluruh tangan, tidak hanya di telapak atau ujung jari.

4. Bilas sabun sampai bersih

Membilas merupakan tahapan melepaskan kuman dari tangan. Hal ini adalah tahapan yang paling penting. Gunakan air bersih yang mengalir untuk membilas. Mencelupkan tangan ke genangan air di wastafel adalah hal berbeda.

Mencuci memang tidak membunuh kuman. Namun, hal itu merupakan cara paling efektif untuk melepaskannya dari tangan.

5. Keringkan Tangan

Pastikan tangan Anda kering. Jika mengeringkan tangan dengan handuk, pastikan handuk tersebut sering dicuci.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers