web analytics
  

Persib Liburkan Pemain di Akhir Pekan Ini

Jumat, 16 Oktober 2020 17:27 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Persib Liburkan Pemain di Akhir Pekan Ini, Pemain Persib Libur,Pelatih Persib Bandung Robert Alberts

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts akan meliburkan tim asuhannya akhir pekan ini. Dengan kata lain pelatih asal Belanda itu meniadakan menu latihan gim internal atau laga uji coba kontra tim lain yang sedianya digelar setiap akhir pekan.

"Besok tidak ada uji coba atau gim internal. Kami tidak akan berlatih besok," kata Robert, Jumat (16/10/2020).

Robert mengatakan, alasan dirinya memberikan jatah libur bagi skuat Maung Bandung lantaran belum mendapatkan kejelasan terkait masa depan lanjutan Liga 1 2020. 

"Alasannya sederhana. Karena tidak ada target untuk saat ini. Kami belum tahu kapan kompetisi akan dimulai," ungkap Robert.

Pelatih berusia 65 tahun itu juga mengaku ingin memberikan waktu rehat bagi tim asuhannya. Sejak memulai latihan pada 10 Agustus lalu, Supardi dkk telah digeber dengan berbagai program latihan dari intensitas sedang hingga tinggi. 

Berdasarkan latihan tersebut, Robert menilai tim asuhannya sudah mencapai level kebugaran yang diinginkannya. Meski begitu, kondisi mentalitas pemain pun menjadi perhatian Robert. 

Setelah digantung kepastian Liga, Robert menyadari, para pemain mengalami keletihan secara psikis. Karenanya, skuat Pangeran Biru harus diberikan waktu beristirahat untuk mengendurkan beban pikiran.

"Untuk bermain antara kami (gim internal) atau latihan, saya rasa sudah cukup jadi lebih penting memberi pemain waktu istirahat. Secara mental pemain kelelahan dan secara fisik kami harus memeliharanya di level tertentu," katanya.

Di sisi lain, Robert mengungkapkan, ingin menjaga level kebugaran pemain. Namun eks pelatih Arema FC dan PSM Makassar itu tak ingin membuat kondisi fisik para pemainnya berada di level tertinggi di tengah ketidakpastian kompetisi. 

Robert mengaku, hanya akan akan menjaga kebugaran fisik pemain secara bertahap hingga akhirnya ada kepastian jadwal kapan kompetisi musim 2020 bisa kembali bergulir.

"Kami tidak bisa menaikan levelnya lebih tinggi karena kami belum tahu kapan kompetisi akan dimulai. Kalkulasi kami itu baru akan dimulai pada Januari, jadi apa yang akan kami lakukan saat ini adalah berdasarkan kapan kompetisi akan dimulai dengan format yang baru Januari nanti, dengan format liga yang legal," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers