web analytics
  

Nasib Liga Masih Abu-Abu, Kim Kurniawan: Gak Terlalu Dipikirin

Kamis, 15 Oktober 2020 15:20 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Nasib Liga Masih Abu-Abu, Kim Kurniawan: Gak Terlalu Dipikirin, Kim Jeffrey Kurniawan,Kim Kurniawan,Liga 1 2020 Ditunda,nasib liga 1 2020

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Nasib Liga 1 2020 masih abu-abu. Padahal PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar pertemuan dan menyatakan akan menggulirkan lanjutan Liga 1 2020 pada 1 November. 

Namun masalah tak selesai sampai di situ. Polri tetap tak memberikan izin karena alasan Pemilihan Kepala Daerah serentak dan angka kasus covid-19 di Indonesia yang belum mereda.

Disinggung kondisi ini gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan enggan memusingkan kepastian nasib lanjutan Liga 1 2020. Pemilik nomor punggung 23 itu juga enggan berspekulasi mengenai nasib lanjutan Liga 1.

Kim menyadari, ada banyak hal yang sulit diprediksikan di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Alih-alih memusingkan ketidakpastian, Kim mengaku hanya ingin fokus mempersiapkan diri sebagai pemain. Kim hanya berharap keputusan terbaik bisa dibuat oleh PSSI maupun pemerintah.

"Seperti yang selalu saya bilang, hal yang tidak ada di tangan saya atau kami (kepastian liga). Percuma kami memikirkan," kata Kim usai sesi latihan di Stadion GBLA, Kamis (15/10/2020).

Kim menyampaikan, menjaga mood di tengah ketidakpastian kompetisi bukan perkara sulit. Menurut Kim, pemain akan lebih senang banyak bermain di lapangan daripada hanya berdiam diri.

"Lihat sisi positifnya aja. Kita bisa latihan, kita bisa main bola. Jadi buat saya gak terlalu susah untuk jaga semangat, jaga motivasi karena setiap hari saya bisa lakukan hal yang saya suka, yaitu main bola. Jadi gak terlalu dipikirkan atau terlalu dipermasalahkan," ungkap Kim.

Di sisi lain, Kim tak menampik nasib lanjutan Liga 1 2020 yang belum pasti, membuat menu latihan monoton dan kurang optimal. Namun dirinya tetap memotivasi diri dalam setiap latihan. Kim menyadari pandemi yang datang secara tidak terduga mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan hal tersebut.

"Ya gimana ya, optimal tentu enggak, tapi kita hidup dalam pandemi dalam hidup yang gak biasa jadi kita memang harus adaptasi dengan itu, dengan segala cara dengan sebaik mungkin" ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers