web analytics
  

6 Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojol, Cuci Tangan yang Utama 

Kamis, 15 Oktober 2020 14:22 WIB Andres Fatubun
Gaya Hidup - Sehat, 6 Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojol, Cuci Tangan yang Utama , cuci tangan pakai sabun,Cara Mencuci Tangan,Cuci tangan,Ojek Online (Ojol)

Ilustrasi makanan siap saji. (jamesoladujoye dari Pixabay )

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Selama pandemi Covid-19, banyak orang lebih suka memesan makanan dari restoran melalui layanan pesan antar karena lebih praktis.

Namun, Anda perlu berhati-hati. Agar tetap aman dari paparan virus Corona, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sewaktu membeli makanan menggunakan jasa kurir.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan benda tertentu selama beberapa waktu. Di permukaan tembaga, virus ini mampu bertahan selama 4 jam, sedangkan di permukaan benda yang terbuat dari kardus, virus Corona dapat bertahan selama 24 jam.

Virus penyebab Covid-19 ini bahkan bisa bertahan hingga 72 jam di permukaan plastik dan stainless steel. Hal ini berarti seseorang bisa saja terinfeksi saat menyentuh benda yang telah terkontaminasi, lalu menyentuh area wajah tanpa mencuci tangan.

Meski demikian, risiko penularan infeksi virus Corona melalui cara ini terbilang lebih kecil. Hingga saat ini, cara penularan virus Corona yang paling banyak terjadi adalah melalui kontak langsung dengan percikan dahak saat penderita Covid-19 bersin atau batuk.

Selama Anda melakukan langkah pencegahan virus Corona dan selalu menjaga kebersihan, Anda tidak perlu takut menyentuh benda-benda yang terbuat dari plastik, kardus, atau tembaga, termasuk kemasan makanan yang dipesan.

Selain itu, belum ada bukti bahwa virus Corona bisa menular melalui makanan. Menurut keterangan yang dirilis oleh WHO, virus Corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan. Untuk dapat bertahan hidup, virus ini membutuhkan inang, yaitu sel hidup manusia atau binatang.

Meski risiko penularan virus Corona melalui makanan sangat kecil, Anda tetap disarankan untuk memasak sendiri makanan di rumah karena lebih sehat. Hal ini juga penting dilakukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Jika ingin memesan makanan dari luar, terapkanlah langkah-langkah berikut untuk meminimalkan risiko terinfeksi virus Corona:
1. Bayarlah tanpa uang tunai (cashless)

Usahakan tidak membayar makanan dengan uang tunai atau kartu debit maupun kredit saat Anda memesan makanan melalui layanan pesan antar. Anda bisa melakukan metode pembayaran dengan dompet digital yang tersedia di aplikasi atau transfer uang secara online ke nomor rekening yang telah ditentukan oleh penjual.

2. Terapkan physical distancing
Mintalah kurir untuk meninggalkan makanan yang Anda pesan di depan pintu atau menggantungkannya di pagar rumah (contactless delivery). Hal ini dilakukan sebagai bentuk physical distancing dan untuk meminimalkan kontak fisik dengan kurir.

3. Kenakan masker saat berinteraksi dengan kurir
Jika Anda tidak dapat membayar pesanan dengan dompet digital atau harus membayar pesanan secara langsung dengan uang, kenakanlah masker kain saat Anda bertransaksi dengan kurir dan segera cuci tangan setelahnya.

4. Cuci tangan sebelum dan setelah mengambil makanan
Sebelum mengambil makanan, cucilah tangan Anda dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Setelah mengambil makanan, jangan lupa untuk mencuci tangan kembali guna menghilangkan kotoran atau virus yang mungkin masih menempel di tangan.

5. Buang kemasan makanan
Setelah makanan Anda terima, segera buang plastik yang digunakan untuk membungkus makanan tersebut. Setelah itu, cuci tangan kembali dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer.

6. Pindahkan makanan
Segera pindahkan makanan ke wadah lain sebelum disantap. Jika memungkinkan, Anda bisa memanaskan kembali makanan yang telah dipesan. Hal ini penting dilakukan untuk mematikan virus Corona yang mungkin menempel di makanan, sekaligus membuat makanan tetap nikmat.

Jika Anda memesan sayuran atau buah-buahan mentah, cucilah dulu dengan air mengalir dan sabun khusus untuk sayur dan buah sebelum dipindahkan ke wadah yang telah disiapkan. Untuk makanan beku atau bahan makanan mentah, seperti daging dan ikan, gunakanlah wadah terpisah untuk menyimpannya di freezer.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mencuci tangan merupakan langkah penting dalam mencegah penularan Covid-19. Cucilah tangan Anda sebelum mempersiapkan dan menyantap makanan.

Apa pun pilihan Anda, memasak makanan sendiri di rumah atau memesan makanan siap santap dari restoran, upayakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi selama pandemi Covid-19. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk memelihara daya tahan tubuh Anda agar kuat melawan penyakit.

Editor: Editor Ayobandung

terbaru

Studi: Efek Samping Vaksin Covid-19 Picu Infeksi Herpes

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 14:09 WIB

Sebuah studi mengungkap bahwa infeksi herpes dimungkinkan menjadi salah satu efek samping vaksin Covid-19.

Gaya Hidup - Sehat, Studi: Efek Samping Vaksin Covid-19 Picu Infeksi Herpes, efek samping vaksin Covid-19,Efek Samping Vaksin Picu Infeksi Herpes,Infeksi Herpes,efek samping vaksinasi,vaksin Covid-19 Pfizer,Herpes Zoster,Penyebab Herpes zoster

Awas, Kurang Tidur dalam Jangka Panjang Picu Risiko Demensia

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 12:17 WIB

Tidak tidur nyenyak secara teratur setelah Anda mencapai usia paruh baya dapat meningkatkan risiko terkena demensia.

Gaya Hidup - Sehat, Awas, Kurang Tidur dalam Jangka Panjang Picu Risiko Demensia, Kurang Tidur,Bahaya Kurang Tidur,Risiko Kurang Tidur,risiko terkena demensia,kurang tidur memicu demensia,faktor penyebab gangguan otak,Gangguan Tidur

Perhatikan! Ini Bahaya Zoom Fatigue Bagi Kesehatan Mental

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 11:21 WIB

Zoom fatigue atau kelelahan karena melakukan telekonferensi melalui Zoom dilakukan setiap hari dan tak putus-putus mula...

Gaya Hidup - Sehat, Perhatikan! Ini Bahaya Zoom Fatigue Bagi Kesehatan Mental, Zoom Fatigue,Zoom Fatigue adalah,bahaya Zoom Fatigue,gajala Zoom Fatigue,mencegah Zoom Fatigue

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Lapar

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 09:14 WIB

Perut lapar sering membuat kita tak fokus. Maka itu ada beberapa hal penting yang tidak boleh kita lakukan saat dalam ko...

Gaya Hidup - Sehat, 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Lapar, Lapar,hal yang tak boleh dilakukan saat lapar,Kelaparan,agar tidak lapar,tidur saat lapar

Waspada Dehidrasi Saat Puasa, Picu Emosi dan Lupa

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 05:45 WIB

kurang cairan tak sekadar membuat kita merasa haus, tapi juga bisa mengganggu fungsi kognitif sekaligus memengaruhi suas...

Gaya Hidup - Sehat, Waspada Dehidrasi Saat Puasa, Picu Emosi dan Lupa, Dehidrasi,dehidrasi saat puasa,bahaya dehidrasi,cara cegah dehidrasi, puasa sehat,Cara Cegah Dehidrasi saat Berpuasa,Tips Puasa

Bahaya Menahan Bersin, Vertigo hingga Hernia

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 05:15 WIB

Bahaya Menahan Bersin

Gaya Hidup - Sehat, Bahaya Menahan Bersin, Vertigo hingga Hernia, bahaya menahan bersin,menahan bersin,Vertigo,Hernia

Begini Pentingnya Periksa Kesehatan Berkala saat Ramadan

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 02:31 WIB

Memeriksa kesehatan secara berkala penting dilakukan selama Ramadan.

Gaya Hidup - Sehat, Begini Pentingnya Periksa Kesehatan Berkala saat Ramadan, pemeriksaan kesehatan,Kesehatan,kesehatan saat puasa,pemeriksaan kesehatan berkala,Ramadan 2021

Kondisi Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi

Sehat Selasa, 20 April 2021 | 19:51 WIB

Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur seperti sariawan karena kadar glukosa yang ti...

Gaya Hidup - Sehat, Kondisi Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi, Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi,Gejala Diabetes Tipe 2,mencegah diabetes tipe 2,diabetes tipe 2,Risiko Diabetes Tipe 2,Diabetes,Obat Alami Diabetes,Bahaya Diabetes,Tanda gula darah tinggi,Tanda Diabetes

artikel terkait

dewanpers