web analytics
  

Ingin Tes Corona? Awas Tertipu, Ini Harga Swab dan Rapid Test!

Kamis, 15 Oktober 2020 07:32 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Ingin Tes Corona? Awas Tertipu, Ini Harga Swab dan Rapid Test!, Harga Swab Test,Harga Rapid Test,Harga Tes Corona,Cara Mencegah Virus Corona

[Ilustrasi] Kementerian Kesehatan RI menetapkan batas harga maksimal untuk 2 jenis tes corona, yakni rapid test dan swab test, bagi masyarakat yang ingin tes mandiri corona. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kementerian Kesehatan RI menetapkan batas harga maksimal untuk 2 jenis tes corona, yakni rapid test dan swab test, bagi masyarakat yang ingin tes mandiri corona.

Harga maksimal rapid test Rp150.000. Penetapan tarif berlaku mulai tanggal 6 Juli 2020. Sementara itu, tarif maksimal swab test dan pemeriksaan RT-PCR Rp900.000. Karena itu, hati-hati jika Anda ingin melakukan tes corona, tapi harganya melebihi batas maksimal tersebut.

Apa itu rapid test? Rapid test menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi terinfeksi Covid-19. Rapid test hanya merupakan penapisan awal. Selanjutnya, hasil pemeriksaannya harus tetap dikonfirmasi melalui pemeriksaan PCR.

Di mana tempat pemeriksaan corona? Pemeriksaan rapid test bisa dilakukan di fasilitias pelayanan kesehatan atau di luar itu selama dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Alasan penerapan tarif maksimal

Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof H Abdul Kadir menegaskan, penetapan batas tertinggi biaya pengambilan swab dan pemeriksaan RT-PCR merupakan jawaban pemerintah atas disparitas harga pemeriksaan swab di fasilitas pelayanan kesehatan. Penentuan batasan tarif ini mempertimbangkan kepentingan masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai penyelenggara.

“Persoalan kita adalah adanya disparitas harga, adanya harga yang tidak seragam terkait dengan harga pemeriksaan yang ada. Untuk itulah penetapan batas tertinggi biaya pengambilan swab dan pemeriksaan RT-PCR mandiri” kata Prof Kadir, dilansir dari Satgas Covid-19.

Penetapan biaya pengambilan swab dan pemeriksaan RT-PCR melalui pembahasan bersama antara Kementerian Kesehatan dengan BPKP berdasarkan hasil survei dan analisis pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Penetapan tarif maksimal swab test Rp900.000 mulai berlaku 5 Oktober 2020.

Komponen biaya terdiri atas jasa layanan SDM yang terdiri atas Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik/Patologi Klinik, Tenaga ekstraksi, tenaga pengambilan sampel dan ATLM; bahan habis pakai termasuk di dalamnya APD level 3; reagen untuk ekstraksi dan PCR; serta overhead mulai dari pemakaian listrik hingga pengelolaan limbah.

3M

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat pandemi corona.

Pandemi COVID-19 telah mengubah tatanan kehidupan. Roda ekonomi mulai digerakkan dan di saat yang sama, masyarakat harus lebih waspada agar penyebaran virus dapat ditekan.

Adapun pencegah virus corona yang bisa dilakukan yakni dengan:

Pertama, #pakaimasker secara benar. Masker sekali pakai, seperti masker medis, hanya digunakan sekali. Masker kain harus dicuci sebelum digunakan kembali.

Kedua, selalu #jagajarak dengan siapapun di luar rumah dan hindari kerumunan.

Ketiga, #cucitangan pakai sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers