web analytics
  

Cimahi Zona Oranye, Ratusan Guru SD Dites Corona, Ada Apa?

Kamis, 15 Oktober 2020 06:13 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Cimahi Zona Oranye, Ratusan Guru SD Dites Corona, Ada Apa? , Rapid Test Corona,Tes Corona,Cimahi Hari Ini

[Ilustrasi] Ratusan guru dari 115 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta di Kota Cimahi melakukan rapid test massal di Aula Gedung B Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Rabu (14/10/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan guru dari 115 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta di Kota Cimahi melakukan rapid test massal di Aula Gedung B Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Rabu (14/10/2020).

Rapid test massal tersebut sebagai bentuk persiapan sebelum dilaksanakannya kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Kota Cimahi.

“Masing-masing SD itu ada 2 orang, ada juga yang 3 orang tergantung dari berapa rombongan belajar (rombel) di tiap SD tersebut. Total targetnya adalah 250 guru. Ibu guru dan bapak guru yang hari ini di-rapid itu adalah mereka yang akan ditugaskan mendampingi para siswa dalam kegiatan BIAS,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono, saat ditemui di sela-sela kegiatan tersebut.

Dikatakan Harjono, kegiatan BIAS di Kota Cimahi ini ditujukan bagi anak umur 6 sampai 7 tahun, atau kelas satu SD. Kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan pada awal Februari 2020, namun dialihkan menjadi September 2020.

Namun, kegiatan ini ditunda lagi setelah adanya 19 guru yang positif Covid-19 dari swab test masif kepada sekira 500 orang guru SD dan SMP di Kota Cimahi.

“Awalnya diundur ke awal Oktober tapi kami dapat masukan dari tim epidemiologi dari gugus tugas yang membuat perhitungan dan estimasi bahwa bulan ini justru bulan-bulan terjadinya peningkatan kasus positif. Karena itu ditunda,” kata Harjono.

Berkenaan dengan hasil rapid test tersebut, Harjono menambahkan, dari 250 orang guru yang menjadi target pengetesan, 150 di antaranya sudah diambil sampel darahnya dan salah satu di antaranya menujukkan hasil yang reaktif.

“Iya, ada satu orang yang reaktif, tapi belum tentu positif, karena baru reaktif. Sudah langsung dirujuk untuk dilakukan swab test di Puskesmas Cimahi Utara,” ujarnya.

Cimahi Zona Oranye

Tingkat kesembuhan yang terus bertambah di Kota Cimahi membuat kota kota ini keluar dari zona merah pandemi. Per Rabu (23/9/2020), tercatat jumlah total kasus sembuh hingga 14 Oktober 2020 mencapai 317 (69,37%).

Merujuk situs web https://covid19.cimahikota.go.id/, juga diketahui saat ini terdapat 126 kasus aktif positif Covid-19 di Cimahi. Angka ini setara dengan 27,57% dari total jumlah kasus. Sementara itu, jumlah kasus meninggal ada 14 kasus.

Untuk jumlah total suspek, diketahui saat ini ada 1.357 kasus. Sebanyak 48 kasus sedang berada dalam proses perawatan atau isolasi. Sementara itu, jumlah kontak erat tercatat sebanyak 9.185 kasus dengan 354 di antaranya menjalani pemantauan.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers