web analytics
  

Ini Prosedur Persalinan Ibu Hamil yang Terpapar Covid-19

Rabu, 14 Oktober 2020 18:11 WIB Khoirur Rozi
Gaya Hidup - Sehat, Ini Prosedur Persalinan Ibu Hamil yang Terpapar Covid-19, ibu hamil,Ibu Hamil Covid-19,Prosedur Persalinan,Satgas Covid-19

Ibu Hamil. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Proses persalinan pada ibu hamil yang terpapar Covid-19 dilakukan dengan prosedur khusus. Prosedur ini mengikuti standard protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dokter Kandungan, Kathleen Juanita Gunawan Sp.OG menjelaskan, jika seorang ibu hamil telah dinyatakan positif Covid-19, maka perlu dirawat di ruang isolasi khusus. Hal ini lantaran ibu hamil membutuhkan perawatan intensif.

Kemudian, untuk proses persalinan, ruangan yang digunakan harus bertekanan negatif. Artinya, tekanan udara dalam ruang isolasi lebih rendah daripada tekanan udara di luar ruang isolasi.

"Seorang Ibu hamil sudah terbukti positif Covid-19, maka dia harus dirawat di ruang isolasi tersendiri. Kemudian untuk proses persalinan, baik normal atau sesar, itu dengan ruangan khusus bertekanan negatif," jelas Kathleen dalam dialog yang diadakan Satgas Covid-19, Rabu (14/10/2020).

Kemudian, lanjutnya, para petugas medis yang menangani persalinan wajib menggunakan alat pelindung diri (APD). Adapun APD yang dipakai harus lebih lengkap yaitu penutup kepala, pengaman muka, pengaman mata atau google, masker N95, cover all, sarung tangan bedah, dan sepatu boots anti air.

"Semua kembali lagi kepada fasilitas rumah sakit apakah memungkinkan. Terutama pada proses persalinan normal yang membutuhkan waktu lama, sehingga semua harus betul-betul siap," katanya.

Sementara itu, ibu hamil tak perlu khawatir bayi yang dilahirkan bakal ikut terpapar Covid-19. Sebab menurut Kathleen, belum ditemukan adanya kasus bayi terinfeksi virus corona di dalam kandungan.

"Sampai saat ini masih terus diteliti. Belum terbukti bahwa ada terjadi penularan selama proses kehamilan maupun persalinan. Tetapi memang ada beberapa laporan bahwa bayi terkena Covid-19. Jadi belum bisa dipastikan apakah bayi terpapar sejak dalam kandungan," ungkapnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers