web analytics
  

Wisata di Villa Kancil Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Rabu, 14 Oktober 2020 10:56 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Soreang, Wisata di Villa Kancil Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Villa Kancil,Protokol kesehatan di Villa Kancil,Wisata Bandung,Wisata Bandung Timur,Ubah Laku,Jurnalisme Ubah Laku

Penerapan protokol kesehatan di pintu masuk objek wisata Villa Kancil. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

MAJALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Villa Kancil menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bandung Timur. Selain dikenal dengan wahana edukasinya, objek wisata yang terletak di Desa Solokan Jeruk, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat gathering keluarga dan perusahaan.

Namun di masa pandemi Covid-19 ini ada peraturan yang berbeda di Villa Kancil. Setiap pengunjung yang datang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Wakil Pemilik Villa Kancil Otjeu Rukmana mengatakan, protokol kesehatan yang ditetapkan di tempat wisata bertema Kampung Sunda ini berjalan secara ketat.

"Protokol kesehatan di sini cukup ketat," katanya pada Ayobandung.com, Rabu (14/10/2020).

Di pintu gerbang sebelum masuk, pengunjung sudah diberi arahan melalui pengeras suara. Mereka diwajibkan memakai masker.  Sebelum pembelian tiket, para pengunjung juga disemprot disinfektan dan dicek suhu tubuh.

"Bagi pengunjung yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk area wisata Villa Kancil," ujar Otjeu.

Di dalam area wisata, pengunjung diimbau untuk mengikuti protokol kesehatan. Salah satunya mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Kursi pengunjung juga diberi tanda silang selang satu sebagai tanda tidak boleh diduduki. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan jaga jarak bagi pengunjung.

Otjeu menyampaikan, selain pengunjung, protokol kesehatan juga wajib diterapkan oleh staf Villa Kancil. Semua petugas di Villa Kancil telah memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Untuk waktu, Villa Kancil masih beroperasi seperti biasa, yakni dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

"Kalau jam operasional kami masih sama, dari jam delapan pagi sampai jam lima sore. Tapi untuk gerbang masuk ditutup jam empat sore. Jadi kalau sudah jam empat sore, kami tidak bisa terima tamu lagi," papar Otjeu yang juga merupakan Anggota Gugus Tugas Covid-19 Wilayah Bandung Timur.

Tiket masuk masih bisa dibeli di pintu masuk. Sementara bagi tamu yang ingin booking tempat, bisa langsung menghubungi kontak Villa kancil. Otjeu memastikan semua wahana di Villa Kancil masih dioperasikan seperti biasa.

Otjeu mengakui selama pandemi kunjungan wisatawan ke Villa Kancil memang berkurang hampir setengahnya. Jika sebelum pandemi, tamu yang datang berjumlah 500 sampai 700 orang per hari, saat ini paling banyak hanya 250 sampai 350 orang per hari.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers