web analytics
  

Ingin Liga Dilanjutkan, PSSI Mohon ke Polri Terbitkan Izin

Selasa, 13 Oktober 2020 22:43 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Ingin Liga Dilanjutkan, PSSI Mohon ke Polri Terbitkan Izin, PSSI,Liga Dilanjutkan,Polri,Izin Pertandingan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 18 klub peserta Liga 1 2020 sepakat untuk melanjutkan kompetisi musim ini pada November mendatang. Dengan demikian, kesepakatan tersebut menyisakan pekerjaan rumah bagi PSSI yaitu berkomunikasi dengan kepolisian agar bersedia menerbitkan izin keramaian penyelengaraan kompetisi.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 sebelumnya dijadwalkan bergulir pada 1 Oktober. Akan tetapi liga 1 2020, yang sudah ditangguhkan sejak Maret, batal bergulir karena terbentur izin dari kepolisian.

Polri tidak mengeluarkan izin karena penyebaran virus corona yang masih tinggi di Indonesia. PSSI pun masih berupaya agar kompetisi bisa berputar di bulan November.

"Dari awal saya sampaikan, saya memohon kepada pihak pemerintah dan kepolisian untuk bisa memberikan izin kepada kami satu bulan ke depan yaitu 1 November," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Sekarang sudah kelihatan ada penurunan COVID, parameternya adalah Jakarta sudah dibuka dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)," sambung Iriawan dalam keterangan resminya kepada awak media, Selasa (13/10/2020).

"Pasti ini akan menjadi kajian dari pihak kepolisian, karena ekspektasi sepak bola luar biasa, dan memang efek dari penundaan ini besar sekali baik kepada pelatih, pemain, dan seluruh stakeholder yang berkaitan dengan sepak bola, ada sponsor dan semua. Suporter juga memberi harapan penuh ingin kompetisi bergulir kembali," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya itu kembali mengingatkan kepada seluruh suporter untuk mengikuti imbauan dari PSSI. Sebab, ketidakhadiran suporter di dalam pertandingan sangat penting agar izin bisa keluar.

"Saya minta dengan hormat kepada suporter, khususnya yang punya basis fans yang besar, tolong diikuti anjuran dari kami selaku federasi sebagai yang dipercaya. Kami mohon nanti untuk nonton di rumah saja, di televisi, karena ini disiarkan secara langsung," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, menyebut persiapan lanjutan Liga 1 2020 sudah rampung.

PT LIB hanya menunggu hasil komunikasi antara PSSI dengan kepolisian ihwal izin.

"Semua tim sudah siap, protokol juga sudah siap. Bahkan suporter juga kami upayakan tidak hadir," ujar Akhmad Hadian Lukita.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers