web analytics
  

Kecamatan Astanaanyar, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Senin, 12 Oktober 2020 15:42 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Astanaanyar, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Astanaanyar,Kecamatan Astanaanyar,Data Kecamatan Astanaanyar,Informasi Kecamatan Astanaanyar

Anak-anak bermain di Cafe Walungan, Jalan Pagarsih, Kecamatan Astanaanyar (Humas Pemkot Bandung)

ASTANAANYAR, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Astanaanyar, yang memiliki luas wilayah 2,79 kilometer persegi, terdiri dari enam kelurahan, yakni Karasak, Pelindung Hewan, Nyengseret, Panjunan, Cibadak, dan Karanganyar. Kelurahan Pelindung Hewan, dengan luas wilayah 0,59 kilometer persegi, menjadi yang terluas.

Merujuk data Kecamatan Astanaanyar dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, kita dapat mengetahui bahwa wilayah Astanaanyar berada di ketinggian 682-714 meter di atas permukaan air laut.

Astanaanyar, yang secara administratif terdiri dari 47 Rukun Warga (RW) dan 304 Rukun Tetangga (RT), memiliki 74.079 jiwa penduduk terdiri dari 36.951 perempuan dan 37.127 laki-laki. Pelindung Hewan, dengan 20.402 jiwa penduduk, menjadi kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak.

Berdasarkan pendidikan yang ditamatkan, kelompok terbesar ada di lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), sebanyak 18.305 orang disusul lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 12.561 orang dan lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 11.118 orang.

Tidak ada satu pun petani tinggal di Astanaanyar. Kelompok terbesar pekerjaan adalah pegawai swasta dengan 13.946 orang disusul pedagang sebanyak 12.070 orang.

 Pendidikan dan Kesehatan

Terkait infrastruktur pendidikan, diketahui terdapat 16 unit SD di Astanaanyar, terdiri dari 9 SD Negeri dan 7 SD Swasta. Untuk jenjang SMP, terdapat 10 unit sekolah yang terdiri dari 3 SMP Negeri dan 7 SMP Swasta. Juga tercatat ada 2 unit Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta.

Untuk jenjang SMA, terdapat dua unit sekolah swasta dan 1 unit Madrasah Aliyah (MA) swasta. Juga tercatat adanya 3 unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta.

Terkait layanan kesehatan, di Astanaanyar terdapat 1 rumah sakit, 7 balai pengobatan, 3 puskesmas, dan 15 apotek.

Pertanian dan Perdagangan

Tidak ada lahan sawah di Kecamatan Astaanyar. Luas lahan bukan sawah mencapai 279,3 hektare.

Astanaanyar termasuk dalam kawasan urban yang banyak memiliki titik-titik kegiatan berdagang. Tercatat ada 80 kelompok pertokoan, empat pasar, 15 minimarket atau swalayan, 416 toko atau warung kelontong, 20 restoran, serta 185 warung makan. Di Astanaanyar juga terdapat 3 hotel dan 2 penginapan.

Hanya ada 3 koperasi di Astanaanyar, yakni masing-masing satu koperasi unit desa (KUD), koperasi industri kecil dan industri rakyat (Kopinkra), dan koperasi simpan-pinjam (Kospin). 

Pasar Loak

Salah satu lokasi ikonik di Kecamatan Astaannyaar adalah pasar loak yang terletak di Jalan Astaanyar, tidak jauh dari Taman Tegallega. Di sepanjang jalan tersebut sampai Jalan Pelana, dekat Rumah Sakit Pajagalan, terdapat banyak pedagang yang berjejer menawarkan berbagai jenis barang bekas pakai. Mulai dari barang keperluan rumahan, asesoris dan suku cadang motor, keperluan anak, alat bangunan, hingga ponsel bekas dan batu akik. 

Keunggulan barang di pasar loak adalah keaslian yang relatif terjamin dan harga yang relatif murah. Meski begitu, para pengunjung tetap harus hati-hati dalam melakukan setiap transaksi. 

Konon pasar ini sudah ada sejak 1960-an. Pada zaman tersebut, Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi. Pasar menjadi sangat ramai seperti sekarang setelah era reformasi pada 1998. 

Endang, salah satu pedagang barang loak rumahan yang dijumpai AyoBandung.com pada Rabu (19/6/2019), mengaku sudah berjualan sejak tahun 70-an dengan bermodalkan tanggungan.

“Saya mulai usaha ini tahun 70-an. Kalo berdirinya (pasar loak) tahun 60-an. Lupa saya 60 berapanya, pokoknya waktu itu saya masih pakai tanggungan, belum ngampar seperti sekarang. Dan tentunya masih muda,” ujarnya sambil tertawa dan mengelap salah satu barang loaknya.

Editor: Tri Joko Her Riadi
dewanpers