web analytics
  

Menlu Tiongkok Lirik Peluang dari Potensi Indonesia Produksi Vaksin

Minggu, 11 Oktober 2020 11:47 WIB Icheiko Ramadhanty
Umum - Nasional, Menlu Tiongkok Lirik Peluang dari Potensi Indonesia Produksi Vaksin, Tiongkok,Vaksin Covid-19,Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Pertemuan bilateral Indonesia-Tiongkok (Humas Kemenko Marves)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, menyatakan keseriusannya untuk bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia. Dia mengatakan selalu memandang hubungan antara Tiongkok dan Indonesia dari sudut strategis. 

Wang Yi berharap, kedua negara dapat memperkokoh politik saling percaya dan terus memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan. Kerja sama tersebut juga terkait vaksin Covid-19

Wang Yi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan kapasitas produksi vaksin terkuat di Asia Tenggara, yang dapat menjadi peluang bagi perusahaan Tiongkok

“Kami akan mendukung perusahaan kami untuk meningkatkan kerja sama, khususnya berbagi teknologi dan pengalaman, supaya Indonesia bisa menjadi pusat produksi vaksin di kawasan Asia Tenggara," ujar Wang Yi dalam keterangan resmi yang diterima Ayojakarta.com, Minggu (11/10/2020).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menemui Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi. Pertemuan tersebut ternyata atas dasar undangan yang dikirim dari Anggota Dewan Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Tiongkok.

Luhut berangkat menemui Wang Yi di Kota Yunan, Tiongkok selaku Utusan Khusus Presiden Indonesia. Pertemuan keduanya menggarisbawahi pentingnya kedua negara bersinergi lebih erat pada tatanan hubungan bilateral, regional, dan multilateral, khususnya dalam menghadapi situasi dunia yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19.

Selain pengembangan teknologi vaksin Covid-19, kedua tokoh tersebut juga membahas kerja sama terkait program pengentasan kemiskinan berbasis ilmu dan teknologi. Kerja sama ini akan menjadi salah satu kerja sama strategis jangka panjang bagi kedua negara. 

"Kami bersedia berbagi pengalaman dengan Indonesia, dan akan menghubungkan dengan kantor yang terkait” kata Wang Yi. 

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers